Ubi Ungu Efektif Atasi Kanker

Ilustrasi ubi ungu
Sumber :
  • pixabay/skate

VIVA.co.id – Beberapa waktu belakangan, ramai diperbincangkan di media sosial mengenai khasiat ubi jalar dicampur air perasan lemon yang dikatakan mampu sembuhkan kanker. Benarkah demikian?

12 Manfaat Minuman Sarang Burung Walet, Salah Satunya Menurunkan Kolesterol

Faktanya, ubi jalar ungu memang kaya akan senyawa antioksidan yang mampu cegah radikal bebas. Ahli gizi, Dr. Marudut ,MPS, membenarkan hal tersebut.

"Betul ubi jalar ungu dapat menjadi anti-kanker. Senyawa ungunya mengandung zat antioksidan yang mampu tangkal radikal bebas di tubuh," ujarnya kepada VIVA.co.id di Jakarta beberapa waktu lalu.

Air Perasan Lemon Ampuh Cegah Bau Mulut

Adapun jus lemon yang mengandung vitamin C yang juga ampuh mencegah radikal bebas yang beredar di tubuh.

"Radikal bebas juga harus dihancurkan oleh vitamin C," ujarnya menambahkan.

Sehatkan Jantung hingga Atasi Bau Mulut, Ini Sederet Manfaat Lemon

Namun, Marudut mengatakan, bahwa bahan makanan lain juga turut memengaruhi pencegahan kanker di tubuh. Sehingga, ia tetap menyarankan asupan makan bervariasi agar saling melengkapi.

"Faktor antioksidan dan vitamin C lain juga ada di bahan makanan lain, jadi jangan terpaku hanya makan itu itu saja. Harus bervariasi agar sesuai rekomendasi gizi seimbang." 

Marudut menyarankan agar porsi makanan divariasikan menjadi bahan makanan yang berwarna-warni alami. Artinya, satu kali konsumsi makanan, harus mengandung ragam jenis asupan bervariasi untuk saling melengkapi kebutuhan gizinya. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya