Awas, Asupan Garam Tinggi Bikin Cepat Lapar

Kentang goreng.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Pernah berpikir mengapa Anda begitu menyukai kentang goreng yang ditaburi garam, dan tak bisa berhenti mengunyahnya? Sebuah studi yang belum lama ini dilakukan menemukan bahwa makanan asin menghilangkan rasa haus dan meningkatkan rasa lapar karena kebutuhan energi meningkat.

5 Trik Foreplay Panas Hingga Kentang Goreng Resto Bikin Ketagihan

Studi yang telah dipublikasikan di jurnal Clinical Investigation itu menunjukkan sesuatu yang berbda. Garam tetap terkandung di dalam urine, sedangkan air kembali ke ginjal dan tubuh. Demikian seperti dilansir dari laman Indian Express.

"Ini bukanlah produk yang sia-sia seperti asumsi selama ini. Itu justru merupakan osmolyte yang sangat penting, kandungan yang mengikat air dan membantu mengalirkannya," ujar salah seorang peneliti studi, Friedrich C. Luft dari Delbruck Center for Molecular Medicine di Jerman.

Alasan Kentang Goreng Resto Cepat Saji Bikin Ketagihan

Fungsi osmolyte adalah menjaga air tetap ada di dalam tubuh, ketika tubuh membuang garam.

"Alam ternyata telah menemukan cara untuk mengonservasi air, yang jika tidak, dapat terbawa menjadi urine oleh garam," katanya.

Meski Namanya French Fries, Kentang Goreng Bukan Berasal dari Prancis

Dalam studi, terbukti bahwa mengonsumsi garam memicu tingginya kandungan garam di urine.

Konsumsi makanan tinggi garam juga membuat peserta studi minum air mineral lebih sedikit. Ini karena garam memicu mekanisme untuk mengonversi air di dalam ginjal. 

Ilustrasi garam.

Susah Kontrol Asupan Garam? Begini Caranya Menurut Ahli

Tak dapat dimungkiri, natrium atau sodium (garam) dibutuhkan tubuh sebagai zat gizi esensial untuk mewujudkan hidup sehat, kuat dan aktif.

img_title
VIVA.co.id
23 September 2021