Logo DW

Jangan Makan Steak Pakai Kentang Goreng, Bahaya!

Steak dan kentang goreng.
Steak dan kentang goreng.
Sumber :
  • Freepik/lifeforstock

Siapa tidak suka makanan lezat? Kerap orang mengira, jika dua hal lezat dipadukan, hasilnya akan lebih lezat lagi. Sering kali itu benar, tetapi mungkin juga kurang sehat buat tubuh.

Yang lebih tidak menguntungkan lagi, kadang-kadang orang memang berusaha mengonsumsi makanan yang sehat. Tapi ternyata yang baik bagi tubuh jika dimakan terpisah, karena kalau dikombinasikan bisa merugikan.

Intinya, mengombinasikan makanan dan minuman bisa dilakukan, tetapi ada aturannya. Tergantung sumber, aturannya bisa berbeda-beda, tapi yang paling umum adalah lima prinsip ini.

Pertama, hanya makan buah saat perut kosong, terutama melon. Kedua, jangan mencampur pati dan protein. Ketiga, jangan mengombinasikan pati dan makanan yang mengandung asam. Keempat, jangan mencampur beberapa tipe protein. Hanya konsumsi produk susu saat perut kosong, terutama susu.

Berikut beberapa kombinasi makanan yang umum ditemukan, tetapi sesungguhnya kurang sehat.

1. Sandwich dan kopi instan

Ini jenis sarapan yang sangat sering ditemukan. Bagi banyak orang ini sudah jadi kebiasaan. Masalahnya, karbohidrat sederhana di dalam roti sandwich mencegah kalsium di dalam keju untuk bisa dicerna dengan baik, padahal kalsium baik bagi kesehatan kardiovaskular.