Ciri Tahi Lalat yang Berpotensi Kanker

Ilustrasi tahi lalat atau tanda lahir
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Kanker kulit atau melanoma merupakan salah satu kanker yang banyak terjadi di dunia. Tanda paling umum dari melanoma adalah munculnya tahi lalat baru di tubuh atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada.

Fakta Suku Polahi Kawin Sedarah, Sumber Air Terbaik Selain Zamzam

Dilansir laman The Independent, cara mudah untuk mengenali tahi lalat yang merupakan tanda kanker adalah semudah mengikuti urutan alfabet.

Pertama, 'A' yang berarti asimetri. Artinya, tahi lalat memiliki bentuk yang tidak pasti.

Ketahui Tanda Kanker Nasofaring yang Sering Tidak Disadari

Kedua, huruf 'B' yang berarti batas. Jika tahi lalat memiliki batas tepian yang kasar atau berantakan, Anda bisa mencurigainya sebagi kanker.

Huruf 'C' yang berarti 'changed color' atau perubahan warna pada tahi lalat, atau warnanya berbeda di salah satu bagian.

4 Manfaat Niacinamide, Samarkan Noda Hitam hingga Cegah Kanker

Huruf 'D' yang berarti diameter. Artinya, setiap perubahan ukuran, khususnya jika ukurannya bertambah 6mm.

Terakhir, huruf 'E' atau Elevasi. Jika tahi lalat menonjol terutama jika tahi lalat menonjol dalam bentuk yang ireguler, kemungkinan besar itu adalah kanker.

Kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari adalah pemicu utama melanoma dan Anda bisa mengurangi peluang Anda terkena kanker dengan menghindari paparan sinar matahari menggunakan krim tabir surya dan berpakaian tertutup.

Secara rutin memeriksakan kulit Anda juga bisa menjadi langkah deteksi dini dan memperbesar peluang kesembuhan. Jika Anda mencurigai atau khawatir terhadap perubahan tahi lalat, segeralah berkonsultasi ke dokter. (mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya