Pisang Emas Bisa Atasi Kebutaan?

Buah pisang
Sumber :
  • Pixabay/stevepb

VIVA.co.id – Selain mampu menjadi asupan tenaga harian, pisang ternyata juga memiliki khasiat luar biasa untuk kesehatan mata. Belum lama ini, sejumlah ilmuwan melakukan penelitian, memanfaatkan buah pisang, untuk mengatasi kebutaan.

Dokter Indonesia Dapat Kesempatan Berkarier di Korea

Dilansir Foodbeast, Kamis 20 Juli 2017, para peneliti mengembangkan inovasi baru, menggunakan pisang untuk membantu mencegah kebutaan dan kekurangan gizi yang mengakibatkan kematian ribuan anak di dunia.

Berkat 12 tahun kerja keras dan penelitian Profesor James Dalefrom dari Queensland University of Technology berhasil meminimalisir masalah kebutaan dan gizi buruk di dunia bisa dikurangi.

Yayasan Sativa Nusantara Resmi Serahkan Policy Brief Ganja Medis

Dale dan timnya, yang mencakup peneliti PhD dan petani dari Uganda, telah mampu mengembangkan "pisang emas" yang kaya akan senyawa pro-vitamin A.

Mereka bisa melakukan ini dengan mengambil gen dari pisang di Papua Nugini, yang berisi banyak molekul yang dibutuhkan dan memasukkannya ke dalam DNA pisang asli Uganda.

AS dan China Rebutan Lapak di Bulan

Penelitian Profesor Dale sekarang terbayar, karena percobaan di lapangan berjalan dengan baik dan pisang itu berhasil ditanam oleh petani Uganda di tanah Uganda. Buah pisang hasil inovasi ini akan terus dikembangkan, dan bisa dengan mudah ditemui untuk tumbuh dan berkultivasi di luar bidang penelitian pada 2021.

Sebagai informasi, di seluruh dunia, sekitar 300 ribu anak menderita kebutaan dan 650-700 ribu lainnya meninggal akibat kekurangan vitamin A setiap tahunnya.

Meski Indonesia mungkin masih mudah mendapatkan pisang, beberapa bagian dunia lainnya, terutama di daerah pedesaan, tidak memiliki kemewahan yang sama.

Di Uganda, misalnya, banyak orang menderita kekurangan vitamin A, karena sumber makanan utama mereka adalah pisang masak yang sangat rendah kandungan vitamin A-nya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya