Stetoskop Dokter Bisa Tularkan Infeksi?

Stetoskop dokter
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id –Stetoskop menjadi alat penting di dunia kedokteran. Stetoskop adalah salah satu alat medis yang di gunakan para dokter dan profesi yang setara denganya untuk memeriksa detak jantung, pernapasan, intestine dan aliran darah pasien. Stetoskop merupakan alat yang tidak bisa di pisahkan dari profesi ahli medis. Bahkan bisa di bilang alat utama seorang dokter selain jarum suntik adalah stetoskop.

Studi: Kasus Infeksi Ulang COVID-19, 5 Kali Lebih Banyak pada Omicron

Namun, di balik kegunaannya, sejumlah peneliti dari Yale University di Amerika Serikat mengungkapkan jika mereka menemukan para penyedia layanan kesehatan jarang sekali melakukan proses pembersihan stetoskop di antara pemakaian pada pasien satu dengan lainnya. Padahal, mereka tahu proses ini penting untuk mencegah penyebaran infeksi.

Dilansir laman Times of India, para peneliti ini melakukan pilot project untuk meneliti peningkatan kualitas. Di situ mereka mengobservasi higienitas stetoskop, seperti kapas alkohol, gel alkohol, atau kain disinfektan pada awal rotasi empat minggu para mahasiswa kedokteran dan dokter di sebuah rumah sakit pengajaran akademis.

Rasakan Sakit di Dua Tempat Ini Bisa Jadi Tanda Infeksi Omicron

Hasilnya, tidak ada satu pun yang diobservasi terlihat melakukan pembersihan stetoskop.

Para peneliti mengatakan, patogen potensial yang berasal dari stetoskop meliputi include Staphylococcus aureus, Pseudomonas aeruginosa, Clostridium difficile, dan vancomycin-resistant enterococci.

Studi: Omicron Dapat Melindungi dari Penularan Varian Delta

Sementara itu, pada penelitian sebelumnya ditemukan bahwa stetoskop bisa menyebarkan bakteri resisten.

Ilustrasi telinga.

7 Infeksi Telinga yang Sering Dialami, Ini Gejala dan Penanganannya

Infeksi telinga terjadi ketika saluran Estachius (Tuba Eustachius) tersumbat atau meradang, yang menyebabkan terbentuknya cairan di telinga bagian tengah.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022