Indonesia Duduki Peringkat 2 Penderita TB Terbanyak

ilustrasi batuk.
Sumber :
  • Viva.co.id/Lutfi

VIVA.co.id – Penyakit Tuberkulosis (TB) merupakan penyakit menular yang masih menjadi masalah kesehatan di masyarakat. Saat ini, diketahui Indonesia menjadi negara kedua tertinggi yang memiliki penderita penyakit tuberkulosis atau TBC setelah India.

Setiap Tahun 13 Ribu Balita Resisten Obat Tuberkulosis

Pejabat Direktorat Tuberkulosis, Direktorat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung – Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Kementerian Kesehatan RI, Dr Asik Surya MPPM, dalam diskusi media bertajuk Penyakit Tuberkulosis menyebutkan bahwa dalam setahun kasus TB di Indonesia mencapai 1.020.000, dengan angka kematian hingga 100.000 per tahun.

"Bisa dikatakan dalam sehari kasus TB di Indonesia setara dengan penumpang yang diangkut oleh pesawat jenis A330," ungkapnya di Hotel Royal Kuningan, Jakarta, Minggu 1 Oktober 2017.

Malu Kena TBC, Konsultasikan Saja ke Aplikasi Jakarta Sehat

Dari data tersebut, diketahui TB lebih banyak menyerang pada masyarakat di usia produktif yakni usia 15 hingga 55 tahun. Dengan prevalensi TB lebih tinggi menyerang pada masyarakat yang berada di kawasan perkotaan, lingkungan padat penduduk, perumahan kumuh, dan tempat kerja.

Namun demikian, pencegahan bisa dilakukan antara lain dengan melakukan kunjungan secara rutin ke rumah masyarakat guna memastikan bahwa mereka memiliki potensi TB atau tidak.

Gejala dan Cegah Tertular TBC dengan Langkah Ini

Perlu diketahui pula bahwa jika memang memiliki penyakit ini setiap pasien dapat disembuhkan jika disiplin dan benar dalam menjalankan pengobatan. Jika tidak disiplin dalam pengobatan (tidak teratur) mereka akan sulit mengalami penyembuhan.

"TB bisa diperiksa, ada obat disediakan gratis, dan perlu diketahui bahwa penyakit ini bisa disembuhkan kalau minum obat teratur," jelasnya.

Untuk diketahui, TB merupakan penyakit menular paru-paru yang disebabkan oleh basil Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini ditularkan dari penderita TB aktif ketika yang bersangkutan batuk, bersin dan meludah.

Mereka akan mengeluarkan titik-titik kecil air liur dan terinhalasi oleh orang sehat yang tidak memiliki kekebalan tubuh terhadap penyakit ini dan menempel di saluran tenggorokan. TB termasuk dalam 10 besar penyakit yang menyebabkan kematian di dunia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya