Kacang Tanpa Kulit Ternyata Bisa Sebabkan Kanker

Kacang tanah.
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA – Kiasan 'bagai kacang lupa kulit' pasti sudah tidak asing di telinga. Ya, kacang memang seharusnya tidak ditanggalkan dari kulitnya tanpa alasan yang jelas, misalnya saat akan dikonsumsi.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Dari segi ilmiah, tampaknya bukan tanpa alasan si kacang tidak boleh lupa dengan kulitnya. Dalam diskusi keamanan pangan, Food Safety: Don't Let Good Food Go Bad bersama Nestle, Rabu, 20 Desember 2017, di Jakarta, Prof. Dr. Nuri Andarwulan, Direktur SEAFAST Center menjelaskan kacang juga berpotensi sebagai penyebab kanker, lho.

Kacang penyebab kanker adalah kacang yang sudah tercemar oleh racun bernama aflatoksin, zat karsinogen penyebab kanker hati. Zat ini berbahaya jika menempel langsung pada kacang yang sudah tidak dilindungi kulit luar. Zat ini mencemari kacang yang tidak ditangani dengan baik, sejak mulai ditanam, dipanen, hingga dijual ke konsumen.

5 Rekomandasi Makanan Sehat untuk Penderita Darah Tinggi, Sayuran Hijau Paling Wajib

"Aflatoksin itu bahaya karena karakteristiknya yang larut dalam lemak. Senyawa yang larut dalam lemak, saat masuk usus halus tidak akan dieliminasi melalui urin. Dia akan masuk ke jalur deposit lemak seperti hati," kata Nuri.

Kanker akan muncul apabila racun tersebut sudah menumpuk di hati. Fungsi dan kinerja hati akan menurun dibuatnya.

5 Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes yang Dapat Menjaga Gula Darah Stabil

Kacang dinyatakan aman jika masih dilindungi kulitnya. Begitu pula jagung, akan terlindung dari aflatoksin jika masih ditutup oleh klobotnya.

"Jagung kalau masih ada klobot, kacang kalau masih ada kulit enggak akan terkontaminasi," kata dia.

Ilustrasi Kulit Wajah Sehat

Rekomendasi Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Lebih Sehat dan Bersih, Apa Saja?

Kulit adalah salah satu organ terbesar tubuh kita dan merupakan perlindungan utama terhadap lingkungan luar. Namun, ada beberapa makanan yang memengaruhi kulit seseorang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024