Rokok Dianggap Lebih Berbahaya bagi Wanita Ketimbang Pria

Ilustrasi wanita merokok
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Rokok sama berbahayanya bagi pria maupun wanita. Tapi, pada wanita rokok bisa dua kali lebih berbahaya dibandingkan pada pria. Bahkan fakta ini sudah pernah diungkapkan penelitian sejak tahun 2011.

Jahatnya Rokok, Bikin Bayi Lahir Prematur dan IQ Anak Rendah

Berikut ini adalah sejumlah dampak berbahaya dari rokok bagi wanita seperti dilansir dari laman Times of India, Kamis, 4 Januari 2017.

Dua kali lipat risiko kanker paru
Menurut sebuah studi yang dilakukan di Amerika Serikat, seorang wanita yang merokok sama seperti pasangannya, memiliki peluang dua kali mengidap kanker paru. Penyebabnya adalah tubuh pria dan wanita bereaksi berbeda terhadap karsinogen di dalam rokok. Bila pria bisa mengeluarkan beberapa karsinogen melalui urin, tapi tubuh wanita mengubahnya menjadi senyawa karsinogenik.

Bahaya Kerusakan Jantung Janin Akibat Paparan Asap Rokok

Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular
Sebuah studi yang diterbitkan di Lancet mengatakan bahwa wanita yang merokok seperti rekan prianya, akan menghadapi 25 persen risiko lebih tinggi menderita penyakit jantung koroner dibanding pria. Selain itu, risiko penyakit jantung juga meningkat lebih besar setiap tahun pada wanita dibandingkan pada pria, jika mereka terus merokok.

Efek buruk lebih besar pada pembuluh darah
Studi lainnya yang dilakukan di Eropa juga menemukan bahwa ketika wanita dan pria terkena paparan tembakau dalam jumlah yang sama, ketebalan dinding pembuluh darah kepala wanita terkena dampak lima kali lebih buruk dibanding pria.

Rokok Picu Penyakit, Dampaknya Sama Mengerikan dengan Kanker

Risiko saat melahirkan
Merokok dapat membuat wanita berisiko tinggi mengalami ketidaksuburan dan masalah dalam memiliki keturunan. Jika mereka merokok saat hamil, risiko lahir prematur, bayi meninggal saat dilahirkan, dan kematian bayi baru lahir akan meningkat.

Selain itu, merokok juga memicu penurunan jumlah ASI. Meskipun merokok juga berefek negatif pada kesuburan pria, risikonya lebih tinggi pada wanita karena dialah yang mengandung anak. (ren)

Ilustrasi rokok.

Ternyata Rokok Lebih Berbahaya Bagi Wanita, Ini Penjelasannya

Perokok wanita di bawah 50 tahun lebih berisiko serangan jantung.

img_title
VIVA.co.id
25 Juni 2019