Penyakit Ini Picu Asupan Makan Si Kecil Tak Optimal

Ilustrasi pola makan anak
Sumber :
  • Pixabay/heikeschuchert

VIVA – Sudah merasa memberikan si kecil makan yang cukup, tapi berat badannya masih rendah? Ternyata, beberapa penyakit bisa menjadi pemicu dari kondisi tubuh kurus si kecil.

Waspada Bahaya Diare pada Anak! Kenali Gejalanya Segera!

Biasanya, si kecil tetap memiliki berat badan yang rendah, dipicu oleh gangguan pada proses penyerapan yang tidak optimal. Selain itu, hadirnya beberapa penyakit kronik, bisa menjadi alasan tubuh si kecil tetap kurus.

"Penyakit kronis yang banyak menyerang anak biasanya tuberkulosis, di mana itu menyebabkan tumbuh kembang anak terganggu. Karena, makanan yang dikonsumsi, digunakan untuk menghadapi penyakit," ujar spesialis anak, dr. Vinci Ghazali SpA, MM, MBA, ditemui di Brawijaya Women and Children Hospital, Bojongsari, Depok, Senin, 15 Januari 2018.

Bunda, Jangan Panik! Ini Tips Mengatasi Anak Susah Makan

Selain tuberkulosis, penyakit lain yang rentan mengintai anak yaitu asma. Dengan hadirnya asma, bisa menyebabkan berat badan anak terganggu.

"Serangan asma yang berulang-ulang dapat memicu berat badannya terganggu. Jadi, kalau anak sering asma, tumbuh kembangnya terganggu," paparnya.

Catat Moms, Ini Trik Si Kecil Aman Bermain di Tengah Suhu Panas Ekstrem

Bahaya diare secara kronis yang menimpa anak, juga tidak bisa disepelekan. Bahkan, penyakit cacingan yang mengintai anak, juga menyebabkan berat badan si kecil sulit naik.

"Cacingan masih ada kalau kebersihannya belum maksimal. Cacingan yang sekarang, lebih baik periksa tinja, karena ada telurnya dan mudah dikenali."

Ilustrasi anak-anak .

Pentingnya Kesehatan di Masa Golden Age Anak, Bakal Tentukan Kondisi Masa Depan

Dalam masa golden age itu, terjadi juga perkembangan kepribadian anak dan pembentukan pola perilaku, sikap, serta ekspresi emosi.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024