Teh Talua, Minuman Kesehatan Prestise Kaum Lelaki Minang

Teh Talua
Sumber :
  • VIVA/ Andri Mardiansyah/ Padang

VIVA – Di Minangkabau, selain keindahan alam dan beragam kuliner lezat, juga terdapat salah satu minuman khas yang diyakini mampu mendongkrak stamina. Bahkan, saking populernya, sudah jadi tradisi untuk lelaki Minang, nongkrong di Lapau (kedai) ditemani minuman ini.

Makan Siang? Icip Nasi Kapau Prasmanan Ala Mintuo

Minuman ini cukup unik, karena dibuat dengan bahan dasar kuning telur. Teh Talua (teh telur) namanya. Minuman khas satu ini dibuat dengan cara kuning telur ayam kampung atau bebek diaduk bersama campuran gula hingga mengembang. Setelah itu, diseduh dengan air larutan teh panas yang mendidih dan diberi susu kental manis. Biar tidak amis, biasanya minuman ini ditambahkan sedikit perasan air asam atau jeruk nipis.

Hampir di seluruh lapau hingga rumah makan mewah di Minangkabau menyajikan teh talua sebagai pilihan minuman kesehatan bagi para pelanggan. Rasa kental yang manis membuat minuman ini disukai banyak kaum lelaki di Minangkabau. Bisa dinikmati selagi hangat maupun dingin. Cita rasa teh talua sulit ditandingi oleh minuman kesehatan lainnya.

Cemilan Khas Minang Ala Emak-Emak Teluk Kabung Utara

Belum ada referensi jelas soal kapan teh talua ini populer di Minangkabau. Namun beberapa pemerhati sejarah meyakini jika teh talua sudah ada sejak tahun-tahun pertama teh masuk ke Sumatera Barat.

Pemerhati Sejarah dari Universitas Andalas, Yenny Narny menyebutkan, lahirnya teh talua juga merupakan salah satu bentuk kreativitas masyarakat Minangkabau dalam mengolah bahan menjadi makanan maupun minuman. Terbukti, hingga saat ini, Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang paling banyak varian kulinernya. Selagi masih ada bahan yang bisa diolah, maka kreasi kuliner akan semakin berkembang. "Teh talua ini salah satunya," kata Yenny.

Jariang Hotplate, Olahan Jengkol Tak Biasa yang Bikin Nagih

Dalam perjalanannya, teh talua saat ini sudah menjadi minuman yang populer. Saking populernya, teh talua dijual tidak hanya di Ranah Minang saja. Namun juga sudah merambah ke beberapa wilayah lain di Indonesia, bahkan di Negara tetangga. Parantau Minang yang mencoba peruntungan di bidang kuliner, sebagian besar juga menyajikan teh talua sebagai minuman kesehatan. Ia pun memberikan resep cara membuatnya.

"Awal mulanya, kuning telur dikocok menggunakan lidi. Namun seiring berkembangnya zaman dan teknologi, lidi pun mulai tergantikan dengan alat kocok elektronik."

Teh Talua

3 Minuman Herbal Sehat Asli Indonesia, Cocok di Musim Hujan

Asupan yang sehat untuk memperkuat imunitas turut berperan besar dalam meminimalisir infeksi virus corona, termasuk minuman herbal

img_title
VIVA.co.id
18 Januari 2021