Sering Gagal Bikin Kue atau Roti, Mungkin Ini Penyebabnya

Ilustrasi cheesecake
Sumber :
  • Pixabay/ponce_photography

VIVA – Selain memasak, memanggang atau baking juga menjadi hal yang digemari terutama oleh ibu rumah tangga. Perlu diketahui bahwa kandungan protein dalam tepung yang digunakan merupakan kunci keberhasilan dalam memanggang.

Tips Simpan Bawang Biar Awet, Masak Sahur dan Buka Puasa Jadi Sat Set

“Pemilihan tepung paling penting untuk baking. Kandungan protein dalam tepung kan berbeda-beda. Cake proteinnya rendah, cookies protein sedang, roti proteinnya tinggi,” kata Chef Achen dalam acara demo resep bersama Bungasari di Mal Taman Anggrek, Jakarta Barat, Sabtu, 17 Maret 2018.

Pentingnya kandungan protein dalam tepung yang digunakan bukan tanpa alasan. Hal ini berkaitan dengan hasil akhir dari adonan yang dibuat.

Kisah Perjuangan Delly Clarissa, dari Ibu Muda Biasa Jadi Konten Kreator

“Mengapa protein penting? kalau bikin roti kan harus proteinnya tinggi supaya bisa kenyang. Kalau protein tinggi dibuat cake kan berat. Kalau protein tinggi dibikin cake enggak jadi,” tuturnya.

Chef Achen

10 Langkah Membuat Brulee Anti Gagal, untuk Natal dan Tahun Baru

Masalahnya banyak konsumen yang tanpa sadar membeli tepung tanpa merek ketika berbelanja di pasar. Ini yang menyebabkan adonan menjadi gagal.

“Biasanya baking banyak yang gagal karena bahannya. Tepung juga penting, jangan asal beli di pasar. Mereknya saja enggak tahu, harusnya beli yang sudah ada packaging-nya,” ujar pemilik kursus Ny Lim yang terkenal di Bandung ini.

Selama ini Chef Achen mengaku menggunakan tepung premium yang memang tersedia sesuai dengan kandungan protein.

“Sebenarnya banyak tepung Bungasari yang Achen pakai yang premium. Produknya ada tiga, khusus cake, cookies dan roti. Kandungan proteinnya beda-beda, ada yang untuk mi juga.” 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya