8 Kuliner Ramadan Tenar di Dunia, Nomor 3 Bikin Ngiler

Shish kebab.
Sumber :
  • Pixabay/NikolayFrolochkin

VIVA – Ramadan menjadi bulan yang penuh keberkahan. Di bulan suci ini, seringkali ada makanan khas yang tak bisa lepas dari lidah banyak orang saat berbuka puasa.

Kuliner Unik Ramadhan, Soto Bebek Kurma

Tak hanya di Indonesia, negara lain yang ikut merayakan bulan Ramadan ini turut memiliki makanan khasnya masing-masing. Berikut deretan  kuliner Ramadan dari seluruh dunia, dilansir dari laman The Kitchn, Selasa, 22 Mei 2018.

Dahi Vadey

Uniknya Kue Kicak, Takjil Khas Kampung Kauman Yogyakarta

Berupa dumpling atau sejenis dim sum terbuat dari lentil yang dipadu dengan saus yogurt pedas. Ini merupakan menu hidangan berbuka puasa di India.

7 Kuliner Khas Timur Tengah selama Bulan Ramadhan

Haleem

Haleem merupakan daging yang direbus cukup lama, dengan gandum bulgur, serta lentil. Haleem tak pernah absen saat Ramadan di beberapa negara Timur Tengah, India, Pakistan dan Asia Tengah.

Ramazan kebabi

Turki memiliki makanan khas yang sudah dikenal di seluruh dunia yaitu kebab. Maka, untuk berbuka puasa juga negara ini menyajikan sajian mirip kebab yang terdiri dari roti pita, dengan isian daging kambing, bawang bomba dan yogurt.

Ful medames

Yang satu ini merupakan terdiri dari kacang fava yang dimasak dengan bawang putih. Setelah matang, ia disajikan di atas selembar roti. Sajian ramadan ini biasanya tersedia di negara Afrika Utara.

Paomo

Paomo merupakan sup mutton dan menjadi kuliner Ramadan khas di Negeri Tirai Bambu, China.

Chapati

Masih dengan sajian roti, kali ini menu Ramadan khas India dan Pakistan. Chapati adalah unleavened flatbread, yang biasa disantap dengan sayur dan daging mutton.

Fattoush

Sajian segar dan sehat ini merupakan salad khas dari negara Arab dan Lebanon. Seporsinya terdiri dari banyak ragam sayur dan roti pita.

Konafah

Yang terakhir ini mungkin lebih ringan dibandingkan makanan lainnya. Konafah merupakan menu Ramadan khas Timur Tengah yang dibuat dari adonan phyllo dan keju.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya