Bisa Ditiru Nih, 5 Menu Olahan Daging Kambing Khas Timur Tengah

Shawarma/kebab.
Sumber :
  • Pixabay/angelorosa

VIVA – Hari Raya Idul Adha di Indonesia identik dengan berbagai menu olahan kambing, mulai dari sate, sop, tongseng hingga gulai.

5 Olahan Daging Kambing ala Timur Tengah, Insipirasi Menu Idul Adha

Tekstur dan cita rasa yang khas membuat daging kambing digemari banyak orang di dunia. Nah, jika Kamu bosan dengan olahan kambing yang itu-itu saja, beberapa menu di bawah ini bisa jadi inspirasi.

Berikut ini beberapa hidangan khas Timur Tengah berbahan dasar daging kambing, yang mungkin bisa Kamu masak di momen Hari Raya Idul Adha tahun ini, dihimpun dari berbagai sumber.

7 Kuliner Khas Timur Tengah selama Bulan Ramadhan

1. Shawarma

Shawarma pada dasarnya mirip dengan kebab, yakni daging kambing dan sayuran seperti tomat, mentimun, lobak, hummus, tahini dan sebagainya yang telah dibumbui dibungkus di dalam kulit tortilla, lalu dipanggang atau di-pan fried.

Resep: Gulai Kambing Gurih ala Pak Aris Solo di Kalimantan Barat

Beef shawarma wrap.

2. Pilaf

Plov atau Osh atau Pilaf ini merupakan makanan khas Uzbekistan. Hidangan ini terdiri dari nasi dan potongan daging kambing atau domba. Selain itu menu ini juga ditambahkan dengan beberapa bahan lainnya, seperti wortel parut, bawang putih, buncis dan kismis.

Palov.

3. Lahmacun

Lahmacun merupakan makanan asal Turki yang mirip dengan pizza. Meski memiliki kemiripan dengan pizza, namun lahmacun tidak memakai saus tomat. Makanan ini terdiri dari roti tipis garing yang diberi aneka topping, seperti daging kambing cincang, tomat, bawang bombai dan peterseli, yang dipanggang sampai suhu tertentu.

Lahmacun, pizza ala Turki.

4. Nasi kebuli

Terbuat dari nasi yang dimasak bersama daging kambing, ayam, dan aneka rempah. Makanan asal Timur Tengah ini memiliki rasa gurih serta kuat membuat sajian ini begitu menarik. Biasanya nasi kebuli disajikan dalam porsi yang terbilang besar dengan potongan daging melimpah sebagai pelengkapnya dalam satu nampan.

Nasi Kebuli Jagung Iga Bakar

5. Talas boregi

Berasal dari Turki, boregi merupakan kue jenis pastry berlapis. Kue ini terbuat dari daging kambing, kentang, wortel dan berbagai bumbu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya