5 Olahan Kambing Paling Populer di Indonesia, Mana Favoritmu?

Sate kambing.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dody

VIVA – Indonesia menjadi salah satu surga bagi para pecinta kuliner. Hal ini lantaran bumbu rempah yang digunakan membuat berbagai makanan memiliki cita rasa yang begitu lezat. Salah satu olahan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia adalah daging kambing.

BRI & Exquisite’s Berikan Penghargaan pada Restoran Terbaik 2024 di Indonesia

Meski mengandung kolesterol yang tinggi, namun daging kambing tetap di hati masyarakat. Di Hari Raya Idul Adha, beragam jenis olahan daging kambing dipastikan akan tersedia di atas meja makan.

Lalu, jenis olahan daging kambing apa saja yang populer di kalangan masyarakat Indonesia? Berikut ini di antaranya, seperti dirangkum VIVA dari berbagai sumber.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Sate kambing

Sate menjadi salah satu olahan daging kambing yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Saat Hari Raya Idul Adha, banyak orang yang langsung pesta sate kambing bersama sanak saudara.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Berbeda dengan sate ayam, sate kambing akan disajikan dengan bumbu kecap yang ditambahkan dengan irisan cabai, irisan bawang merah dan tomat, serta perasan jeruk limau.

Sate kambing

Tongseng kambing

Tongseng terdiri dari daging kambing yang digoreng dengan kecap kemudian disiram dengan kuah gulai dan dimasak bersamaan dengan tomat, kol, irisan cabai dan campuran berbagai bumbu.

Tongseng kambing muda

Konsistensi kuahnya cukup pekat dan berwarna kuning kecoklatan. Cita rasa rempahnya juga tergolong kuat dan segar.

Nasi goreng kambing

Nasi Goreng Kambing Mafia.

Makanan ini sering kita jumpai baik di pinggir jalan hingga restoran kelas atas. Olahan ini berupa nasi yang digoreng dengan aneka bumbu dan ditambahkan dengan potongan daging kambing. Daging kambing yang ditambahkan pada proses pembuatan nasi goreng merupakan potongan daging yang sudah direbus dan dibumbui.

Sop kambing

Sop kambing juga masuk dalam daftar olahan kambing yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Sama seperti sop pada umumnya, sop kambing juga terdiri dari berbagai sayuran seperti wortel, kentang, hingga buncis dan ditambahkan dengan potongan daging kambing.

Untuk penyajiannya pun terdapat dua versi ada yang menggunakan kuah bening ada juga yang menggunakan kuah santan atau seringkali susu.

Sop kambing bening

Gulai kambing

Gulai kambing ini merupakan olahan daging kambing yang diolah bersama dengan santan dan rempah-rempah lainnya sehingga menjadi sangat lezat dan aromanya juga harum.

Gulai Kambing Pak Sabar, Semarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya