Menggoda, Ini Hidangan Khas Lebaran Bangka Selatan

Mie Kuah Ikan khas Bangka Selatan.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Adinda Permatasari

VIVA – Tak seperti daerah lain di Indonesia, Bangka Selatan memiliki empat perayaan seperti Lebaran setiap tahunnya. Perayaan tersebut, sama ramainya seperti perayaan saat Lebaran. Tradisinya juga sama, mulai dari berkunjung ke rumah keluarga atau tetangga dan memasak hidangan khas. Empat perayaan itu adalah Ruwah, Idul Fitri, Idul Adha dan Muharram.

Diskon Superindo, Perempuan Cantik Tipu Korbannya Sampai Miliaran

Di saat istimewa seperti itulah, beberapa makanan khas Bangka Selatan akhirnya keluar untuk disajikan. Meski kini beberapa jenis makanannya sudah bisa ditemukan di hari biasa, Mi Bangka, salah satu makanan ini menjadi pilihan untuk disajikan saat hari raya tiba.

"Ada beberapa makanan seperti mi ikan. Sudah tradisi. Di sana itu Lebaran (Selain Idul Fitri) kunjung-mengunjung, masak, makan, seperti Lebaran. Kalau sudah Lebaran seperti itu, suasana libur, kuliner, kunjung-mengunjung." kata Haris Setiawan, Kadisparpora Bangka Selatan, di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata, Jakarta, Kamis, 7 Juni 2018.

Kesawan City Walk Besutan Wali Kota Bobby Nasution Ditutup

Haris yang ditemui usai peresmian acara Toboali City On Fire III juga mengatakan ada makanan lain yang biasa harus disajikan saat Lebaran di Bangka Selatan.

"Martabak Bangka, Terasi khas Bangka, kemudian kemplang."

103 Perusahaan Diperiksa karena THR Buruh 2020 Tak Beres
Istimewa

Merayakan Kemenangan di Tengah Pandemi COVID-19

Hari Raya Idul Fitri tahun 1442 Hijriah sebentar lagi tiba masih ada kesamaan pada tahun lalu.

img_title
VIVA.co.id
12 Mei 2021