5 Rekomendasi Acara Perpisahan Sekolah Unik dan Berkesan Tanpa Harus Jauh-Jauh!

Ilustrasi perpisahan, kelulusan, wisuda
Sumber :
  • pixabay/ Maura Nicolaita

JAKARTA  – Perpisahan sekolah bisa menjadi momen istimewa, namun juga bisa menjadi duka seperti yang dirasakan oleh rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok usai bus yang ditumpangi mereka mengalami kecelakaan maut. 

Wali Murid Ngaku Bayar Rp800 Ribu untuk Perpisahan Siswa SMK Lingga Kencana

Meski mungkin lebih seru jika berjalan-jalan ke luar kota, perpisahan sekolah juga bisa dilakukan tanpa harus pergi ke luar kota. Berikut ini beberapa ide kreatif untuk acara perpisahan sekolah yang bisa dilakukan tanpa pergi jalan-jalan jauh ke luar kota. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Adakan Pesta Perpisahan di Sekolah 

Wali Murid Ungkap Perpisahan SMK Lingga Kencana Biasanya Digelar Dekat Sekolah

Ilustrasi Penari

Photo :
  • ist

Siswa dan pihak sekolah bisa mengadakan pesta di sekolah dengan musik, tarian, dan makanan lezat yang disediakan oleh panitia perpisahan. Jadikan acara ini lebih seru dengan mengadakan pesta kostum dengan tema yang ditentukan sebelumnya, seperti tahun favorit, film atau tokoh fiksi tertentu. Pastikan juga ada hadiah untuk kostum terbaik agar lebih menarik. 

Sekolah-sekolah di Mimika Antusias Ikuti Workshop Keamanan Digital

2. Piknik di Taman Kota

ilustrasi piknik

Photo :
  • Pixabay/ JillWellington

Ajak seluruh teman sekelas untuk piknik di taman kota yang luas. Persiapkan permainan atau games seru serta alat musik untuk menambah suasana riang. Setiap orang bisa membawa makanan dan minuman kesukaan masing-masing atau patungan untuk membeli makanan bersama sehingga menjadi pesta yang menyenangkan dan terjangkau.

3. Perjalanan 1 Hari di Dalam Kota

Ilustrasi Museum Nasional

Photo :
  • VIVA.co.id/Isra Berlian

Perpisahan sekolah juga bisa dilakukan dengan mengadakan perjalanan satu hari di dalam kota. Misalnya ke taman hiburan seperti Dufan atau tempat hiburan lainnya. Bisa juga melakukan 3 perjalanan dalam sehari untuk mengunjungi museum, planetarium, dan pantai. Perjalanan ini bisa disesuaikan dengan budget dan keinginan para siswa. 

4. Kegiatan Sosial dan Pelayanan Masyarakat

Buatlah perpisahan yang bermakna dengan melibatkan diri dalam kegiatan sosial dan pelayanan masyarakat di kota tempat kamu tinggal. Misalnya, bersihkan pantai atau taman kota, kunjungi panti jompo atau panti asuhan, atau lakukan proyek lain yang dapat memberikan dampak positif bagi komunitas. Selesaikan hari dengan pesta makan malam sederhana di tempat lokal sebagai cara untuk merayakan pengalaman tersebut.

5. Salam-salaman di Lapangan

Ilustrasi siswa di sekolah

Photo :
  • ANTARA

Jika memang tidak melakukan pergi jalan-jalan jauh ke luar kota atau mengadakan acara di sekolah, bisa juga dengan salam-salaman dengan seluruh siswa yang akan lulus. Para siswa bisa berbaris di lapangan sambil bersalaman satu sama lain dengan guru-guru di sekolah. Selain itu, salah satu perwakilan siswa bisa mengucapkan kesan pesannya selama bersekolah. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya