Logo BBC

Sri Owen Mengenalkan Masakan Indonesia lewat Buku

 - BBC INDONESIA
- BBC INDONESIA
Sumber :
  • bbc

Sri Owen (83) yang berasal dari Sumatera Barat ini dikenal sebagai penulis buku resep masakan Indonesia berbahasa Inggris yang pertama. Saat ini dia sudah menulis 15 buku dan meraih penghargaan sejumlah penghargaan.

Salah satunya adalah, Juni 2017 lalu, dengan penghargaan Lifetime Achievement Award pada Guild of Food Writers Awards di London atas dedikasinya terhadap penulisan resep masakan.

Aroma rempah dari masakan kambing panggang langsung tercium ketika kami memasuki kediaman Sri Owen di kawasan Wimbledon London Inggris, pada suatu akhir musim panas.

Ketika BBC News Indonesia datang, perempuan asal Sumatra Barat itu tengah sibuk memasak di dapur, untuk dua rekannya yang akan mengunjungi kediamannya hari itu. Menunya kambing panggang, sate ayam dan gado-gado, lengkap dengan rempeyek kacang hijau dan emping.

Sate dan gado-gado, menurut Sri merupakan masakan Indonesia yang paling dikenal, karena itu banyak kalangan menganggap semua masakan Indonesia menggunakan bumbu kacang.

"Itu yang saya heran, mereka pikir semua makanan Indonesia pake pake bumbu kacang, karena banyak orang sekarang itu alergi dengan kacang," kata Sri.

Mengundang rekan-rekannya untuk makan masakan khas Indonesia rutin dilakukan Sri sejak pindah ke London bersama suaminya Roger Owen warga negara Inggris pada musim dingin Januari 1964.

Masakan Indonesia hasil racikan Sri kemudian disantap bersama dengan rekan-rekannya di London dan kebiasaan memasak ini membuat salah satu rekan suaminya mengusulkan agar menulis buku resep masakan Indonesia.

"Mereka suka sekali masakan Indonesia, lalu ada salah seorang teman Roger yang bekerja sebagai menawari saya membuat buku masakan Indonesia dalam bahasa Inggris, kan belum ada waktu itu, akhirnya saya menulis, dan dia carikan publishernya," kisah Sri.

Buku dari resep keluarga