Menpar Usulkan 5 Hidangan Ini Sebagai Makanan Nasional Indonesia

Soto.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Dhana Kencana

VIVA – Jika bicara soal makanan khas Jepang, satu makanan yang langsung terlintas sudah tentu ialah sushi. Begitu pula dengan Thailand yang terkenal dengan tom yam, atau Malaysia yang erat dengan nasi lemak. Tapi bagaimana dengan Indonesia?

BRI & Exquisite’s Berikan Penghargaan pada Restoran Terbaik 2024 di Indonesia

Beragamnya kuliner khas yang dimiliki oleh Indonesia, membuat kita kesulitan ketika menentukan makanan yang layak menjadi makanan nasional. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) Indonesia sendiri sempat mengusulkan soto sebagai makanan nasional Indonesia.

Namun, soto, menurut Menteri Pariwisata Arief Yahya masih belum bisa menggambarkan keragaman hidangan Indonesia. Oleh karena itu ia mengusulkan empat hidangan lainnya untuk menjadi makanan nasional Indonesia. Berikut ini lima hidangan yang diusulkan untuk menjadi makanan nasional Indonesia oleh Arief saat ditemui di kantor Kementerian Pariwisata RI, Selasa, 18 September 2018.

Tempat Ini Sajikan Kuliner Nusantara dengan Rasa yang Disesuaikan Lidah Penikmatnya

Soto

Sejak tahun lalu, Bekraf telah mengusulkan soto menjadi makanan nasional Indonesia. Hidangan ini dipilih karena hampir setiap daerah di Indonesia memiliki jenis dan karakteristik sendiri.

Kuliner Kearifan Jawa Kuno yang Terinspirasi Kerajaan Majapahit di Bali

Rendang

Pada 2011 lalu, makanan asal Sumatera Barat ini sempat dinobatkan sebagai salah satu makanan terlezat di dunia. Pada beberapa waktu lalu, hal ini kembali diakui oleh dunia internasional karena CNN memilih rendang sebagai hidangan terlezat.

Nasi Goreng

Sama seperti rendang, nasi goreng juga masuk dalam pilihan CNN sebagai makanan terlezat di dunia. Beberapa tokoh dunia bahkan mengakui bahwa mereka menyukai nasi goreng ketika berkunjung ke Indonesia.

Sate

Sate juga merupakan salah satu hidangan yang kini tengah dipromosikan oleh Kemenpar I Runtuk menjadi salah satu makanan nasional Indonesia. Indonesia sendiri memiliki sejumlah jenis sate yang berbeda dari masing-masing daerah.

Gado-gado

Seperti halnya sate dan beberapa hidangan lainnya, gado-gado juga diusulkan oleh Kemenpar RI untuk menjadi makanan nasional di Indonesia. Hidangan berupa beragam sayuran dengan saus sambal kacang ini sering disebut sebagai saladnya Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya