5 Menu Paling Gagal yang Dibuat McDonald's, Kamu Pernah Coba Enggak?

Gerai McDonald's.
Sumber :
  • LinkedIn

VIVA – Makanan cepat saji menjadi salah satu alternatif makanan yang ternyata banyak penggemarnya. Dari sekian banyak restoran cepat saji, McDonald's menjadi salah satu yang cukup populer di penjuru dunia, termasuk di Indonesia.

Tak Mampu Capai Target Penjualan, McDonalds Salahkan Perang Israel di Gaza

Restoran ini pun sukses menawarkan beberapa menu yang melekat di ingatan banyak orang. Sebut saja ayam crispy, burger hingga pie. Namun siapa sangka restoran ini juga sempat punya beberapa menu yang gagal diterima oleh masyarakat.

Dilansir dari Reader Digest, berikut ini lima menu gagal yang pernah dibuat oleh restoran cepat saji yang didirikan oleh Richard dan Maurice McDonald di California pada 1940 silam.

Curhat Bos McDonald's Penjualan Anjlok Setelah Terkena Boikot

1. McSpaghetti

Pada akhir tahun 80-an dan awal 90-an, McDonald's mencoba menambahkan produk pasta ke dalam menu mereka. Sepiring  spaghetti dan meatball adalah yang paling terkenal, tetapi mereka mengeluarkan menu fettuccine Alfredo dan lasagna. Rumor mengatakan bahwa mereka mencoba bersaing dengan makanan cepat saji yang terinspirasi Italia, seperti Domino dan Pizza Hut. Namun ternyata konsumen tidak tertarik untuk mengonsumsi spaghetti di McDonald's.

Doyoung NCT Tuai Pro Kontra Jadi Model Kampanye Mcdonald's, Followers Langsung Turun

2. Onion Nuggets

Sebelum McNuggets sukses besar, Onion Nuggets merupakan menu nugget pertama dari gerai makanan ini yang diluncurkan pada tahun 1970. Onion Nuggets merupakan potongan bawang bombay yang dibalut tepung roti dan digoreng, lalu disajikan dengan saus. Namun kehadiran menu ini ternyata tidak sesukses Chicken McNuggets yang diluncurkan pada tahun 1980.

3. McLean Deluxe

Dirilis pada tahun 1991, burger McLean Deluxe ini diklaim 91 persen bebas dari lemak. Namun ternyata burger ini tidak laris di pasaran lantaran rasanya yang tidak begitu enak. Itu karena isi dalam burger itu yang tidak biasa. Untuk mengganti lemak dari daging, McDonald's memilih menggunakan rumput laut yang membuat rasanya menjadi aneh.

4. McHotDog

Ray Kroc, pria yang mengubah McDonald's menjadi raksasa makanan cepat saji sangat menentang perusahaannya menjual hot dog. Gagasan tentang daging misteri di dalam sebuah roti membuatnya jijik, dan dia melarang McDonald's untuk membuat hot dog.

Meski dilarang, tidak menghentikan perusahaan untuk mencoba mengeluarkan menu ini pada tahun 1990-an, setelah kematian Ray Kroc. Namun sayangnya, tanggapan dari konsumen pun tidak begitu bagus, orang-orang lebih menyukai menu klasik McDonald’s. Menu ini hanya bisa ditemukan di beberapa negara.

5. McLobster

Pada tahun 1993, perusahaan ini mencoba menawarkan menu seafood enak, McLobster. McLobster adalah tumpukan lobster dan selada dalam roti, lengkap dengan “saus lobster.” Namun kenyataannya isi dari McLobster ini lebih banyak seladanya dibandingkan dengan daging lobster. Hal itu membuat orang tidak ingin membayar US$5,99 untuk membelinya saat itu. Namun ini bukanlah akhir dari kisah McLobster, karena menu ini ternyata masih tersedia di Kanada dan Inggris.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya