Begini Cara Makan Pad Thai yang Benar

Pad Thai.
Sumber :
  • VIVA/Isra Berlian

VIVA – Makanan Thailand belakangan ini mulai menarik perhatian masyarakat Indonesia. Hal ini lantaran rasa pedas dan asam yang ditawarkan cukup akrab di lidah masyarakat kita. Sebut saja tom yum hingga mango sticky rice atau ketan mangga yang beberapa waktu belakangan begitu populer.

Khao Soi, Kuliner Thailand Paduan Iga Sapi Lembut dan Kaldu Kelapa

Tidak heran jika beberapa restoran Thailand kian menjamur di Indonesia untuk memperkenalkan masakan dari negara berjuluk Gajah Putih tersebut. Menu makanan asal Thailand yang sedang populer di kalangan warganet adalah pad Thai.

Pad Thai pada dasarnya adalah kwetiaw atau mi goreng khas Thailand yang biasa dijajakan sebagai makanan pinggir jalan (street food). Mi ini disajikan dengan bawang merah dan kacang goreng yang dicincang sebagai taburan.

Resep Tom Yam, Jelajah Kuliner Thailand dari Rumah

Pad Thai juga dimasak dengan beragam rempah seperti jahe, kunyit, cabai dan buah asam. Meski populer di Indonesia, tetapi menurut Grup Markom Manager dari Jittlada Grup, Fredericka Rendy menyebut bahwa cara masyarakat Indonesia menyantap pad Thai masih salah.

Dia menjelaskan para pengunjung yang memesan pad Thai di restorannya akan disuguhkan pad Thai dengan beberapa condiment, seperti kacang, bubuk cabai, jeruk nipis, hingga saus ikan yang disebut nacim untuk kemudian dicampurkan sendiri.

Cicip Kuliner Ekstrem Thailand, Kalajengking - Sate Buaya

"Makan itu ada art-nya. Ketika hangat, semua condiment diaduk benar-benar kemudian peras jeruk nipis, setelah itu makan," kata dia kepada VIVA saat ditemui belum lama ini.

Fredericka menyebut, orang Indonesia lebih sering melewatkan beberapa bumbu penting saat mencampurkan pad Thai, sehingga cita rasanya menjadi kurang maksimal.

"Kadang hanya bubuk cabainya saja. saus ikan sendiri enggak dicampur karena enggak suka. Jadi kadang di-skip. Sama, kacang juga begitu. Padahal itu kan ada asam manis, ada tekstur kacang, segar, pedas. Jadi kan eksotis rasanya. Cita rasa masakan Thailand itu kan eksotis," ujarnya.

Dia menambahkan, untuk membuat rasa pad Thai semakin nikmat, disarankan untuk mencampurkan semua bahan saat mi masih dalam keadaan hangat.

"Pas hangat, aduk rata agar mi enggak menggumpal dan rasanya terpisah," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya