Pepes dengan Cara Kukus atau Pakai Oven yang Lebih Enak Rasanya?

Ikan pepes
Sumber :
  • instagram.com/resep_masakanupdate

VIVA – Sejak beberapa tahun terakhir, masyarakat Indonesia sudah mulai sadar akan hidup sehat. Hal ini terlihat dari mulai banyaknya para pekerja yang melakukan olahraga, seperti lari sebelum atau usai bekerja.

Resep Menu Sehat dan Mudah untuk Halal Bihalal: Sajikan Hidangan yang Berkesan

Bukan hanya olahraga, mereka juga sudah mulai mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan sehat. Salah satu makanan sehat adalah makanan yang dipepes. Pepes ikan misalnya.

Teknik pepes dalam memasak sendiri diklaim cukup sehat. Teknik memasak ini menempatkan bahan makanan protein atau sayuran dengan bumbu kuning yang dibungkus daun pisang, kemudian dikukus atau direbus menggunakan panci kukusan.

Dijejali Fitur Canggih, Pakai Produk Ini Diklaim Banyak Untungnya

Pakar kuliner Indonesia William Wongso mengatakan, membuat pepes tongkol bisa dengan cara yang berbeda, yakni dengan menggunakan oven. Caranya pun cukup mudah, di mana bumbu-bumbu, mangga dan daun kemangi, ikan tongkol dioven dengan suhu 120 derajat selama 20 menit.

Lalu bagaimana hasil pepes dengan menggunakan oven?

Ketika Orang-orang di Gaza Kehabisan Bahan Bakar, Oven Tanah Liat Kini Diminati Kembali

Ternyata ketika dicicip teksturnya sangat moist dan rasanya lebih enak menggunakan oven. Menurut William, hal ini karena temperatur oven yang terkontrol dibandingkan dengan teknik memepes dengan cara tradisional.

"Temperatur terkontrol, dan tidak lembap kalau biasanya kan lembap," kata dia di Jakarta Selatan, Rabu 30 Januari 2019.

Selain itu, ketika menggunakan oven, rasa segar ikan pun lebih terasa jika dibandingkan dengan menggunakan teknik pepes tradisional.

"Masih basah tidak kering dan ikan lebih terasa dibandingkan dengan teknik biasanya," ujar dia.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya