Ketika Orang-orang di Gaza Kehabisan Bahan Bakar, Oven Tanah Liat Kini Diminati Kembali

Warga Palestina bikij oven tanah liat
Sumber :
  • Aljazeera.com

VIVA Dunia – Di tengah perang Israel, masyarakat Gaza yang mencari cara untuk memanggang roti atau memasak makanan yang mereka miliki, kembali ke metode tradisional yang menjadi pilihan terakhir.

Hamas Tegaskan Terus Serang Israel dari Lebanon Selatan

Aroma menggoda dari kayu bakar yang terbakar dan roti yang baru dipanggang memenuhi udara. Inshirah Salem al-Aqra yang berusia lima puluh tiga tahun akan bersumpah kepada siapa pun yang mau mendengarkannya, bahwa makanan yang dimasak dengan menggunakan taboon berbahan bakar kayu akaj jauh lebih kaya rasa dibanding dengan menggunakan jenis-jenis elektronik yang ada.

Langit Israel Bergemuruh, Hamas Hujani Puluhan Roket dari Lebanon

Dia telah lama membuat oven tanah liat tradisional ini untuk siapa pun yang menginginkannya. Terbuat dari tanah liat, kotoran hewan, dan jerami, oven ini dibentuk dengan tangan dan dijemurnya di sekitar halamannya.

“Orang-orang membuat mandi [ayam yang dimasak perlahan] di oven ini atau membuat roti,” kata ibu 10 anak ini.

Aksi Solidaritas untuk Palestina di AS Dapat Apresiasi dari Warga Gaza

“Dalam perang ini, semuanya sangat sulit. Orang-orang membutuhkan pantangan bahkan untuk membuat kopi atau teh,” tambahnya.

Pemadaman bahan bakar dan listrik di sebagian besar Jalur Gaza telah mendorong warga Palestina kembali ke tradisi mereka dan mencari al-Aqra sebagai satu-satunya perempuan yang bisa menjadikan mereka tabu.

Ini sekarang menjadi satu-satunya sumber pendapatan bagi keluarganya setelah pasukan Israel membakar kapal nelayan suaminya bulan lalu. Dia telah membuat dan menjual lima oven sejak minggu lalu, dengan lebar mulai dari 50cm hingga 90cm (20 hingga 35 inci), lebih banyak dari yang dia buat dalam sebulan yang lalu.

Dia tetap mempertahankan harga lamanya, dan menjelaskan: “Saya tidak ingin mengambil keuntungan dari orang lain, terutama pada saat-saat seperti ini,” ucapnya melansir laman Al Jazeera, Selasa, 21 November 2023.

Ilustrasi tungku kayu bakar dari tanah liat.

Photo :
  • ANTARA

Oven terkecil berharga 80 shekel ($21) dan yang terbesar seharga 150 ($40). Satu-satunya pabrik di Jalur Gaza tidak dapat menggiling gandum karena setelah Israel melakukan pengepungan total terhadap wilayah tersebut.kekurangan bahan bakar.

Al-Aqra telah membuka rumahnya untuk pengungsi perempuan yang berlindung di sekolah-sekolah terdekat.

“Mereka membawakan saya tepung, jadi saya bisa membuatkan roti untuk mereka,” katanya. “Kalau saya punya air bersih, saya isi jerigennya juga.”

Ia berharap perang yang telah menewaskan 13.000 warga Palestina dan menghancurkan Jalur Gaza, segera berakhir.

“Cukup,” katanya.

“Kami telah kehilangan banyak hal. Sudah cukup."

Berikut ini sederet momen saat al-Aqra membuat pven dari tanah liat. Penasaran? Scroll terus artikel selengkapnya berikut ini melansir dari Aljazeera.com.

Oven tanah liat di Gaza

Photo :

Inshirah Salem al-Aqra, si pembuat tabun, atau oven tanah liat tradisional, mengalami lonjakan bisnis ketika warga Palestina mencari cara untuk memanggang dan memasak ketika Jalur Gaza mengalami kekurangan bahan bakar dan listrik.

Oven tanah liat

Photo :
  • Aljazeera.com

Oven digunakan untuk memanggang roti, memasak makanan, serta membuat kopi dan teh. 

Oven tanah liat

Photo :
  • Aljazeera.com

Al-Aqra, 53, telah membuat oven tradisional selama bertahun-tahun dan telah menjual lima oven sejak minggu lalu. Permintaan oven tradisional meningkat selama perang karena tidak ada lagi bahan bakar atau gas yang tersisa untuk banyak orang. 

Hasil makanan dari oven tanah liat

Photo :
  • Aljazeera.com

Penggunaan oven tanah liat tradisional ini memberikan lebih banyak rasa pada makanan dan roti, kata al-Aqra.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya