Hidangan Nusantara Kini Hadir di Ketinggian 30.000 Kaki

menu makanan di pesawat Garuda
Sumber :
  • VIVA.co.id/Rintan Puspitasari

VIVA – Kabar bahagia bagi penumpang maskapai berlogo Burung Biru. Mulai tahun ini mereka akan menyuguhkan berbagai pilihan hidangan khas nusantara yang cukup populer dan akrab di lidah masyarakat. Tak cukup di situ, bahkan mulai 22 Februari 2019, penumpang bisa merasakan kenikmatan masakan Padang dari salah satu restoran terkenal, Sarimande. 

Chef Norman Ungkap Trik Makanan Kaya Rasa, Tapi Masaknya Singkat Moms!

Dihadirkannya hidangan khas nusantara sebagai inflight meals merupakan salah satu bentuk komitmen Garuda Indonesia untuk memperkuat posisi sebagai perusahaan market leader dengan meningkatkan loyalitas, kepuasan, dan kecintaan pelanggan. 

"Melalui program layanan ini, kami mengajak masyarakat menikmati kuliner nusantara. Tidak hanya di kios pinggir jalan, tapi menikmati di ketinggian," ujar Direktur Niaga Garuda Indonesia, Pikri Ilham Kurniansyah, dalam launching The New Signature of Indonesia, di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu, 20 Februari 2019. 

54 Dapur Katering di Mekah Siap Sajikan Menu Nusantara untuk Jemaah

Selalu menghadirkan menu-menu yang beragam juga menjadi komitmen maskapai berpelat merah sebagai strategi agar penumpang jauh dari kata bosan jika bepergian. 

"Orang cepat bosan (masakan selalu sama). Di sini selalu ada yang baru, sehingga (penasaran) apalagi yang baru. Kita ini menjawab kebosanan," tuturnya. 

Icip Masakan Citarasa Nusantara di Restoran Konsep Desain Etnik

menu makanan di pesawat Garuda

Sekitar 21 menu baru dengan rincian 15 signature dish khas nusantara yang telah tersedia sejak awal tahun dan ditambah enam hidangan baru dari Sarimande. 15 menu khas nusantara diracik khusus oleh dapur Aerofood Catering Service (ACS), dan enam hidangan baru yang merupakan hasil kerja sama Garuda Indonesia dengan bisnis kuliner lokal, Sarimande. 

Hidangan lezat yang disajikan setelah melalui serangkaian proses ketat dan memenuhi standar kualitas makanan, mekanisme pengiriman dan distribusi makanan, safety serta security tersebut antara lain terdiri dari signature breakfast seperti nasi uduk Betawi, nasi Tutug Oncom, Nasi Lawu, Nasi Goreng Spesial.

Signature lunch seperti Nasi Rendang Padang, Nasi Kuning Nusantara, Nasi Pesmol Ikan, Nasi Gudeg Jogja, dan Nasi Campur Bali, serta signature refreshment Lontong Medan, Lontong Sate Ayam, Nasi Ulam, Nasi Kuning Manado, Nasi Langgi. 

Sementara enam hidangan yang merupakan kerja sama dengan Sarimande di antaranya Nasi Padang Rendang Daging, Nasi Padang Dendeng Batu Sangkar, Nasi Padang Dendeng Batokok, Nasi Padang Ayam Takicuah, Nasi Padang Ayam Kalio, dan Nasi Padang Ayam Bakar.

Keenam menu ini untuk saat ini baru tersedia di tujuh pilihan penerbangan, Batam, Banjarmasin, Pontianak, Banda Aceh, Denpasar, Medan, dan Lombok. 

Kerja sama Garuda Indonesia dengan Sarimande juga mendapat apresiasi dari Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, dan dinilai sebagai bentuk co-creation yang cukup sukses. 

"Kuliner adalah alat paling pas untuk promosi, karena diplomasi kuliner adalah diplomasi yang bisa membuka diplomasi lainnya. Yang menarik lagi, kuliner menjadi kontributor PDB 42 persen disusul fashion dan kriya," kata Ketua Tim Percepatan Wisata Belanja dan Kuliner Kemenpar, Vita Datau. (zho)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya