Restoran Kecil Ini Jadi yang Terbaik di Dunia, Apa Istimewanya?

Wolfgat, restoran terbaik 2018
Sumber :
  • Instagram Wolfgat

VIVA – World Restaurant Awards menobatkan sebuah restoran di Afrika sebagai restoran terbaik di dunia pada 2018. Wolfgat telah dipilih oleh jurnalis, influencer dan pelaku kuliner profesional dari 37 negara.

Netizen Soroti Makanan Viral Rupai Rambut Halus, Sebut Sop Bulu

Terpilihnya restoran yang terletak di tepi laut itu karena pilihan makanan dan lokasinya yang fantastis. Restoran ini terletak di desa nelayan kecil dan bersejarah Paternister di Pantai Barat Afrika Selatan.

Gulai Ikan Semah, Kuliner Unik Kerinci Khusus Priyayi dan Bangsawan

Dikutip dari Travel+Leisure, restoran berada di sebuah pondok tua berusia lebih dari satu abad, tepat di atas gua tepi pantai Wolfgat. Di sini terdapat peninggalan artefak zaman kuno yang berusia lebih dari 2.000 tahun.

5 Kuliner Unik Khas Bandung, Cocok Buat Oleh-oleh

Berkat lokasi tepi lautnya yang terpencil, Wolfgat fokus pada menu musiman yang memanfaatkan bahan-bahan asli yang berasal dari lahan terdekat dengan kombinasi berbagai makanan laut, domba, dan daging rusa. Pengunjung restoran sering melihat nelayan lokal membawa hasil tangkapannya saat berjalan-jalan menikmati pemandangan di sana, sehingga menciptakan pengalaman yang membuat pengunjung merasa seolah-olah mereka yang pertama menemukan tempat itu.

Chef Kobus van der Merwe, orang di balik kesuksesan restoran ini diketahui memilih keluar dari kuliah jurusan katering dan berkeliling dunia untuk mencari inspirasi sebelum membuka restoran. Restorannya hanya cukup untuk menampung sekitar 20 orang.

Soal bahan-bahan untuk menunya, dia mencarinya di sekitar restoran. Van der Merwe dan timnya akan mencari bahan-bahan pangan, seperti tanaman liar dan rumput laut pesisir yang digunakan dalam hidangannya, mulai dari salad semangka yang disajikan dengan acar kulit buah melon, irisan seledri, dan biji labu hingga kerang yang diasapi dengan sedikit asap dan acar rumput laut.

Beberapa elemen pada menu dapat memakan waktu berminggu-minggu untuk persiapan, sementara yang lain diambil pada hari yang sama. Bahan-bahannya juga dibuat sederhana untuk menggambarkan hidangan dari alam setempat, sehingga pengunjung akan menikmati dalam keadaan natural.

Bukan hanya itu saja, yang menarik Van der Merwe juga mempekerjakan penduduk setempat tanpa pelatihan formal di dapur sebagai stafnya dan menganggap mereka selaiknya keluarga. Untuk mencicipi hidangan dengan bahan segar dan pengalaman intim dengan lingkungan di restoran ini, Anda perlu mengeluarkan uang sebesar US$60 atau setara dengan Rp848 ribu per orang.

Anda yang tertarik untuk mencoba Wolfgat secara langsung dapat memesan reservasi online untuk makan siang dari Rabu hingga Minggu dan untuk makan malam pada hari Jumat dan Sabtu malam.(nsa)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya