Jangan Buru-buru Buang Makanan Kedaluwarsa, Periksa Dulu Labelnya

Makanan kemasan dalam lemari pendingin supermarket.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Sebagai konsumen yang bijak, tentu Anda akan selalu memperhatikan produk yang kita beli apakah layak atau tidak. Mengingat jika mengonsumsi produk makanan yang sudah tidak layak konsumsi bisa membahayakan bagi tubuh. Maka tidak heran, jika Anda selalu memeriksa label tanggal penggunaan di kemasannya.

Jangan Panik Jika Ada Angka Ini di SIM Anda

Namun, banyak orang yang belum mengerti mengenai tanggal yang tertera di kemasan makanan. Bahkan penelitian dari Universitas Harvard, Amerika Serikat menemukan bahwa lebih dari 90 persen orang AS membuang makanan yang masih sangat baik karena mereka terkecoh dengan kalimat pada label, seperti ‘best by’, ‘sell by’ dan ‘use by’. Alhasil penduduk AS menghasilkan 398.000 ton limbah makanan setiap tahun.

Tidak semua dari tanggal tersebut adalah tanggal kedaluwarsa, ?yang berarti makanan harus segera? ?dibuang?. ?Ternyata setiap info tanggal pada kemasan punya arti yang berbeda. ?

Aturan Kedaluwarsa Kartu E-Toll Tak Berlaku di Mudik Lebaran 2024

Dilansir dari laman Reader’s Digest, Selasa, 12 Maret 2019, tiga kalimat di atas sebenarnya menunjukkan semua tanggal yang ditentukan oleh produsen makanan dan kode itu menunjukkan kualitas makanan.

Pada dasarnya, kode itu menunjukkan berapa lama produsen makanan akan menjamin produk mereka akan tetap pada kualitas tinggi untuk dinikmati. Namun, tidak semua kode itu bisa disamaratakan. Semua bergantung pada produk dan cara penanganannya. Bisa saja suatu makanan sangat aman untuk dimakan selama berhari-hari atau berminggu-minggu setelah tanggal penjualan, penggunaan atau tanggal terbaik berlalu.

Ada Kabar Gembira untuk Pemudik yang Lewat Jalan Tol

Periksa makanan mana yang mungkin Anda buang terlalu cepat

Abaikan tanggal sell by (tanggal penjualan), sebab menurut Dewan Pertahanan Sumber Daya Alam AS, tanggal penjualan secara harfiah hanya untuk toko yang menjual, sehingga produsen dapat memberi tahu mereka kapan suatu produk dapat melewati masanya dan harus dikeluarkan dari rak-rak toko.

Periksa makanan Anda

Anda biasanya dapat mengetahui dengan cepat kapan suatu produk tidak layak dikonsumsi lagi. Misalnya adanya jamur di roti atau ketika susu berbau asam.

"Periksa kualitas produk tertentu dengan aroma, rasa, apakah itu baik-baik saja secara visual, jika tidak ada jamur atau perubahan warna," kata Stacey Antine, MS, RDN, pendiri HealthBarn AS.

Ingatlah bahwa hal-hal buruk dapat terjadi bahkan sebelum tanggal use by atau tanggal sell by. Terutama jika itu adalah makanan yang mudah rusak akibat suhu yang kurang stabil. (ldp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya