Cocok dengan Lidah Indonesia, Kuliner Jepang Masih Digemari

Chiken Katsu
Sumber :
  • Official Pepper Lunch

VIVA – Layaknya makanan Italia dan China yang populer di berbagai penjuru dunia termasuk di Indonesia, makanan Jepang juga dibilang sama populernya. Makanan Jepang kerap menjadi makanan asing favorit banyak masyarakat Indonesia, khususnya di Jakarta. 

Lezatnya Beef Bowl, Sajian Resep Spesial Restoran Jepang Yoshinoya Sejak 1899

Tidak mengherankan jika Anda dapat dengan mudah menemukan makanan Jepang di berbagai sudut Ibu Kota. Makanan Jepang pun hingga saat ini masih happening.

"Makanan Jepang masih jadi pilihan masyarakat, makanan Jepang banyak familiar di kita. Misalnya, chicken katsu, teriyaki, sushi, ramen sudah normal buat masyarakat Jakarta," kata Brand Manager Tokyo Belly, Cynthia V. Utami saat berbincang dengan awak media di Grand Indonesia, Rabu, 3 Juli 2019.

Cicip Ramen Khas Jepang dengan Kuah Kaldu Kaya Kolagen

Cynthia melanjutkan, selain dengan menu makanan yang mirip dengan menu makanan Indonesia lantaran menu nasi dan minya, makanan Jepang masih begitu populer lantaran rasa dari masakan Jepang sudah diterima di Indonesia.

"Bumbunya bisa diterima taste oleh masyarakat Indonesia. Karena enggak 100 persen full autentik, ada beberapa yang adjust untuk lidah Indonesia," kata dia.

Obati Rindu Liburan ke Jepang di Japan Dining Festival

Cynthia mencontohkan, seperti menu donburi, yang merupakan menu nasi dengan tamagoyaki (telur) ditambah dengan chicken katsu. Di Indonesia menu itu akan disesuaikan dengan lidah Indonesia, dengan membuatnya sedikit lebih gurih.

"Donburi, di Indonesia itu kan common tapi di-twist jadi chicken katsu, tapi enggak terlalu banyak. Kita lihat nasi Jepang chicken katsu ini ditambah bumbu gurihnya kalau di Indonesia tapi enggak menghilangkan Jepangnya," kata dia. (ase)

Sukiyaki.

Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Sukiyaki ala ‘Kansai’ berasal dari wilayah Kansai di selatan Honshu, Jepang. Kansai-style mengadopsi metode unik di mana dagingnya dibakar terlebih dahulu.

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2023