Menikmati Sukiyaki dengan Cita Rasa Autentik Jepang, Unik Pakai Lelehan Permen Kapas

Sukiyaki.
Sumber :
  • SHIKI.

JAKARTA – Sukiyaki menjadi salah satu kuliner Jepang yang banyak disukai orang Indonesia. Dengan irisan tipis daging sapi dan tambahan sayuran, tahu dan telur, yang dimasak di atas meja di dalam panci besi, membuat siapa saja tak mampu menolak kelezatannya. 

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Ada banyak restoran yang menawarkan menu sukiyaki ini. Namun, tentu saja cita rasanya berbeda-beda. Lalu, bagaimana cara memilih yang memiliki rasa autentik Jepang? Yuk, scroll untuk tahu lebih lanjut. 

SHIKI, restoran sukiyaki yang terletak di Jl. Dharmawangsa V, Jakarta Selatan, menawarkan kelezatan sukiyaki dengan citarasa autentik. Di sini kamu bisa menikmati personalized cooking experience di tengah suasana kontemporer Jepang.

5 Rekomendasi Makanan untuk Ibu Menyusui Agar ASI Lancar

Inspirasi utama di balik restoran ini diambil dari upacara pembuatan sukiyaki dari Jepang. Sukiyaki ala ‘Kansai’ berasal dari wilayah Kansai di selatan Honshu, Jepang. Kansai-style mengadopsi metode unik di mana dagingnya dibakar terlebih dahulu, lalu ditambahkan bumbu dashi dan shoyu, dan terakhir ditambahkan sayuran. 

Krisis Populasi Jepang: Setengah Perempuan Muda Hilang di 40 persen Wilayah pada 2050

Karena itu, Chef Eksekutif 1010 Group, Andita, mengungkap, Kansai sukiyaki menghasilkan rasa yang lebih kaya umami karena hanya menggunakan kandungan air alami dari sayuran. 

"Kami mengembangkan kreasi ini lebih jauh lagi dengan melelehkan permen kapas sebelum dagingnya dibakar untuk menambah lapisan rasa manis yang menggoda," ujar Chef Andita, dalam keterangannya, dikutip Minggu 24 Desember 2023.

"Metode tersebut adalah hal yang membedakan SHIKI dengan restoran lain di Indonesia yang menggunakan hotpot atau kuah kaldu, SHIKI menawarkan masakan sukiyaki asli Jepang dengan lapisan bahan yang masing-masing telah dipilih untuk menghasilkan cita rasa yang sempurna," sambungnya.

Sebagai pelengkap, ada hidangan pembuka amuse bouche yang berisi Sup Miso, Chawanmushi, dan Kroket
Wagyu. Rekomendasi menu starter yang dapat dicoba antara lain, Tebasaki Mochi Karaage, Salmon Tartar, dan masih banyak lagi. Kamu juga bisa memilih berbagai hidangan utama yang menarik mulai dari Kamameshi, hingga Miso Black Cod dengan denmiso, shishito, dan beetroot foam. 

Sukiyaki.

Photo :
  • SHIKI.

"Sedangkan untuk hidangan utama, Sukiyaki gaya Kansai kami hadir dengan pilihan Australian Black Angus, Australian Sher Wagyu, A5 Kagoshima, dan masih banyak lagi daging berkualitas terbaik lainnya," terang Chef Andita. 

Nantinya, sukiyaki akan dimasak di meja tamu oleh para profesional, dan disajikan dengan nasi Jepang, sayuran segar, telur organik, dan tahu buatan sendiri. 

Sedangkan untuk minuman, di sini disediakan mocktail dengan aneka macam rasa seperti pir, plum, beri, dan honeydew melon.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya