5 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Perih Akibat Makanan Pedas

Ilustrasi makanan bercitarasa pedas.
Sumber :
  • Pixabay/27707

VIVA – Makanan pedas, dengan godaan rasa panas dan kelezatan segarnya, telah menjadi favorit di seluruh dunia selama berabad-abad. Baik itu berasal dari rasa pedas cabai yang mencengangkan atau kehangatan kompleks dari rempah-rempah eksotis, semuanya mampu membangkitkan selera dan menciptakan simfoni rasa yang tak tertandingi.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Di samping kenikmatan langsungnya, makanan pedas terkenal karena kemampuannya melepaskan endorfin, menciptakan sensasi kesenangan yang unik. Namun, konsumsi makanan pedas seringkali juga diikuti oleh sensasi terbakar di mulut dan kadang disertai rasa sakit perut. 

Ketika sensasi terbakar ini semakin intens, seringkali menjadi sulit ditahankan, dan meskipun kita mencoba meredakannya dengan minum air dalam jumlah banyak, kadang tetap tidak kunjung hilang. Dikutip dari Timesofindia, berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu ketika menghadapi makanan pedas.

5 Makanan yang Wajib Dihindari oleh Wanita Hamil, dari Daging Mentah hingga Kafein

1. Konsumsi produk susu

Susu oat

Photo :
  • healthline
6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Saat muncul sensasi terbakar yang sangat intens akibat makanan pedas, kamu dapat menguranginya dengan mengonsumsi susu atau produk olahannya. 

Susu mengandung protein kasein, yang memberikan warna putih pada susu. Sebagaimana dijelaskan di situs WebMD, "80 persen susu sapi mengandung protein kasein, yang juga terdapat dalam berbagai produk susu seperti yoghurt dan keju." Pastikan untuk memilih dadih dan keju yang berbahan dasar susu sapi untuk menenangkan sensasi terbakar.

2. Konsumsi air lemon

Air lemon

Photo :
  • Pinkvilla

Alternatif lainnya adalah mengonsumsi sedikit air lemon untuk mengurangi rasa panas di mulut setelah makan makanan pedas. Ini dapat menjadi solusi terutama bagi mereka yang alergi terhadap susu atau produk susu. 
Kandungan asam dalam air lemon dapat segera meredakan rasa pedas. Selain air lemon, jus jeruk, jus tomat, dan air jeruk nipis juga dapat menjadi pilihan.

3. Tempatkan es batu di mulut

Es batu

Photo :
  • Pixabay

Para ahli mengatakan bahwa untuk mengurangi rasa terbakar di mulut akibat makanan pedas, sebaiknya jangan minum air putih. Ini tidak mengurangi rasa terbakar di mulut. Namun, sepotong es bisa dimasukkan ke dalam mulut. Dinginnya es berfungsi meredam sensasi terbakar. Lambat laun, sensasi terbakar di mulut hilang total.

4. Makan roti

Ilustrasi Roti

Photo :
  • ist

Menurut para ahli, memakan sepotong roti akan menyerap air liur yang dihasilkan akibat tajam atau pedasnya makanan pedas. Dengan cara ini, lambat laun rasa pedasnya akan berkurang dan rasa terbakar di mulut juga akan mulai berkurang.

5. Minumlah air madu

Ilustrasi madu

Photo :
  • healthline.com

Ini adalah pengobatan rumahan sederhana yang dapat digunakan untuk menghilangkan rasa pedas. Ambil segelas air hangat dan campurkan 1 sdt madu ke dalamnya. Kapan pun kamu mengonsumsi makanan pedas yang sulit diredakan, konsumsilah air madu ini. Ini melapisi lapisan sederhana di lidah yang menenangkan rasa pedas, dan mengurangi sensasi terbakar di mulut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya