5 Rekomendasi Makan Siang di Cikini, Legendaris dan Murah

Gado-gado Bonbin
Sumber :
  • Instagram @aaronhandajani

VIVA – Kawasan Cikini dikenal menjadi tempat banyak sekali kuliner legendaris. Selain lokasinya strategis, Cikini juga mudah dijangkau dengan moda transportasi apapun.

UMKM Binaan BRI Ini Jadi Kuliner Rekomendasi Pemudik di Pekalongan

Kalau kamu sedang berada di sana atau berkantor di kawasan tersebut dan ingin mencari tempat makan siang enak dengan harga terjangkau, berikut ini lima rekomendasi yang VIVA.co.id rangkum.

1. Gado-gado Bonbin

Fakta-fakta Menarik tentang Pakistan, Negara dengan Jumlah Muslim Terbesar di Dunia

Enggak heran gado-gado ini sangat terkenal, selain rasanya enak juga keberadaannya yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Letak Gado-gado Bonbin ada di Jalan Cikini IV yang dahulu sempat bernama Jalan Bonbin III, itu kenapa namanya dikenal sebagai Gado-gado Bonbin. Selain itu, di daerah ini juga dahulu pernah terdapat kebon binatang.

Rasanya yang sudah tersohor juga turut menarik para tokoh-tokoh besar datang menikmati gado-gado di sini. Meski secara penampilan gado-gado ini tak jauh berbeda dengan sajian sejenis lainnya, tapi bumbu kacang yang dibuat terasa bedanya. Bumbunya terasa lebih manis dan kacangnya sangat lembut.

Membanggakan! 5 Makanan dan Minuman Indonesia Sukses Pikat Hati UNESCO, Terbaru Ada Jamu

2. Soto H. Ma'ruf

Kuliner legendaris lain yang patut dicoba di Cikini adalah Soto H. Ma'ruf yang sudah ada sejak tahun 1943. Selain kuah santannya yang gurih dan kental, dagingnya pun banyak dan empuk.

Mencari tempat makan ini cukup mudah karena berada di dalam kompleks Taman Ismail Marzuki. Selain soto, kamu juga bisa mencoba menu satenya. Harganya hanya berkisar Rp30.000-Rp50.000 saja.

3. Mie Ayam Gondangdia

Mi ayam ini sangat legendaris di Cikini karena sudah ada sejak tahun 1968. Saat ini, Mie Ayam Gondangdia dikelola oleh generasi ketiga. Lokasinya dekat dengan kolong rel, atau di Jalan Cikini IV No 12A.

Selain mi ayam, ada juga menu lainnya seperti nasi goreng, nasi tim, ayam goreng, dan lainnya. Harga menu yang ditawarkan berkisar antara Rp20.000-Rp100.000.

4. Nasi Uduk Gondangdia

Letaknya memang agak tersembunyi di antara perumahan di dekat rel kereta layang tak jauh dari Stasiun Gondangdia. Tapi, nasi uduk ini cukup melegenda dan sudah ada sejak tahun 1993.

Di sini kamu juga bisa memilih sendiri lauk dan gorengan untuk teman nasi uduk. Yang menarik lagi, nasi uduk di sini dibungkus dengan daun pisang sehingga aromanya bertambah khas. Ditambah taburan bawang goreng, nasi uduk ini dijamin langsung menggugah selera makan.

5. Pempek Megaria

Berkunjung ke sekitar Cikini memang tidak lengkap jika tak mampir ke pempek legendaris ini. Letaknya ada di pujasera Metropole XXI, jadi cukup nyaman untuk menyantap sajian khas Palembang ini.

Dari semua jenis pempek seperti kapal selam, kulit, lenjer, sampai lenggang, patut dicoba. Tapi, ada juga menu lain seperti tekwan, pindang patin, mie celor yang bisa kamu coba. Harganya berkisar antara Rp5.000-Rp30.000.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya