Berapa Lama Olahan Daging Awet Disimpan di Kulkas?

Olahan daging.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Olahan daging ayam adalah salah satu makanan favorit hampir semua masyarakat di dunia. Beragam jenis ayam, seperti ayam panggang, ayam goreng hingga ayam bakar, menjadi olahan yang paling banyak dikonsumsi.

Makanan yang Harus Dihindari di Usia 40-an, Nomor Dua Paling Susah

Jika berbicara mengolah daging ayam, salah satu cara yang umum dan praktis adalah dengan memanggangnya. Kamu cukup mengambil ayam yang telah disimpan di dalam kulkas dan telah dibumbui, kemudian dipanggang dalam oven.

Tapi, perlu diperhatikan saat mengolahnya. Sebab, banyak yang bisa terjadi antara waktu ayam disiapkan dan ketika kami memasukkannya ke dalam mulut.

5 Cara Paling Mendasar untuk Cegah Kanker dalam Tubuh

Salah satu adalah yang paling umum adalah, penyakit bawaan makanan. Menurut badan pengawas obat dan makanan Amerika Serikat, ketika suhu internal daging ayam turun di bawah 60 derajat celcius, bakteri seperti E coli dan salmonella dapat berkembang.

Dilansir dari laman Reader Digest, Rabu 27 November 2019, ayam yang kamu olah bakal tidak layak konsumsi, jika pada suhu 4-60 derajat celcius terlihat berlendir atau baunya tidak enak.

Sereal Hingga Yogurt, Pakar Sebut Tidak Semua Makanan Ultra Proses Buruk

Lalu, berapa waktu yang aman untuk mengonsumsi daging ayam yang disimpan di kulkas? Jawabannya adalah selama tiga atau empat hari, menurut Presiden 80 Twenty Nutrition, Christy Brissette, MS, RD.

Dia melanjutkan, pastikan suhu lemari es diatur ke 4 derajat celcius atau lebih dingin, agar tidak keluar dari zona bahaya. Ada tindakan pencegahan lain yang dapat kamu ambil, untuk memastikan ayam yang dimasak tahan selama mungkin.

"Pilih yang lebih panas daripada yang lebih dingin. Biasanya, mereka memiliki tanda yang memberi tahu, berapa lama ayam itu telah ada di sana," ungkap konsultan keamanan makanan, Jeff Nelken.

Setelah mendapatkan ayam, pastikan kamu membawanya pulang sesegera mungkin. Kemudian, makan atau mendinginkannya dalam waktu dua jam.  Jika kamu memutuskan untuk menyimpannya, mengeluarkan daging dari tulang dapat membantunya lebih cepat dingin.

Stoknya untuk lebih dari tiga hari? Bekukan.  Itu memberi kamu tambahan dua hingga enam bulan untuk memakannya. Saat dipanaskan, pastikan suhunya mencapai lebih dari 75 derajat celcius sebelum dihidangkan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya