Bahaya di Balik Sering Konsumsi Kornet, Sosis hingga Nugget

Sosis.
Sumber :
  • Pixabay/jarmoluk

VIVA – Tubuh yang berotot saat ini menjadi impian bagi sebagian pria. Namun, untuk mendapatkan tubuh kekar tentu tidak mudah. Selain perlu berolahraga secara teratur, Anda juga harus memperhatikan menu makanan Anda.

Bahaya Dibalik Nikmatnya Konsumsi Nugget, Sosis hingga Kornet Saat Sahur

Menu makanan Anda juga dapat mempengaruhi massa otot Anda. Beberapa makanan memiliki nutrisi penting yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan massa otot.

Salah satu menu makanan yang paling banyak dikonsumsi untuk dapat meningkatkan massa otot adalah daging merah. Daging merah diketahui mengandung protein, vitamin B12, seng dan zat besi, yang kesemuanya penting untuk pertumbuhan dan perkembangan otot.

Makanan yang Harus Dihindari di Usia 40-an, Nomor Dua Paling Susah

"Tujuan makan daging merah ini karena kan tinggi protein. Untuk membentuk otot memang diperlukan protein," kata spesialis gizi klinik, Dr. dr. Samuel Oetoro,MSc, MS, SpGK(K) dalam program Hidup Sehat tvOne, Kamis 3 Februari 2022.

Resep Nugget Tahu

Photo :
  • Instagram @rahmanionline
5 Jenis Makanan di Restoran Cepat Saji yang Berisiko Ganggu Kesehatan Tubuh

Namun, Samuel mengingatkan untuk mereka yang mencari asupan protein bisa memilih sumber protein lain. Hal ini lantaran jika terlalu banyak mengonsumsi daging merah sebagai sumber protein bisa memicu berbagai penyakit seperti kanker hingga jantung.

"Tapi sampingan dari daging merah kita makan juga bisa bahaya karena ada lemak tinggi, kolesterol tinggi, ada zat nitrosamin yang picu kanker. Kenapa tidak mencari protein sumber lain seperti ayam, ikan, susu tinggi protein. Atau kacang, kangkung, tempe, ini sama mengandung protein tapi kualitas rendah dibanding protein merah," kata dia.

Selain itu, Samuel juga mengingatkan untuk masyarakat menghindari mengonsumsi daging merah olahan seperti kornet, sosis hingga nugget. Hal ini lantaran bisa memicu hipertensi.

Kornet Lidah Sapi

Photo :
  • Dok. Garem-Garem Restaurant

"Daging olahan memang terbukti adalah nitrosamin tinggi yang bisa memicu kanker. Daging olahan juga tinggi garam karena semua diawetkan. Garam ini picu hipertensi jadi hati-hati konsumsi daging olahan. jangan konsumsi daging olahan seperti kornet, sosis, nugget," kata dia.

Samuel juga menghimbau masyarakat untuk bisa mengatur asupan daging merah. Dia menyarankan agar tetap mendapatkan manfaat kesehatan yang baik, konsumsi daging merah sebaiknya 2 minggu sekali atau total 2 kali dalam satu bulan.

Selain itu, pilih juga kata Samuel daging merah yang rendah lemak. Serta pilih daging yang fresh langsung dipotong.

"Jangan masuk freezer itu pakai pengawet," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya