5 Cara Paling Mendasar untuk Cegah Kanker dalam Tubuh

Ilustrasi kanker paru.
Sumber :
  • Times of India

VIVA Tekno – Seorang ahli bedah kosmetik, ahli biokimia yang juga seleb TikTok telah membuat daftar lima cara untuk mengurangi risiko terkena kanker.

Kesehatan Makin Memburuk, Istana Buckingham Perbarui Rencana Pemakaman Raja Charles III

Dr Reza Tirgari (54) dari San Diego, California, telah memperoleh lebih dari 522.000 pengikut TikTok dengan membagikan rekomendasi kesehatannya.

Dalam video yang kini viral, ia menyarankan lima hal mudah dan paling mendasar yang bisa kita lakukan untuk mengurangi resiko terkena kanker. “Lima hal teratas ini dapat menjauhkan Anda dari risiko kesehatan untuk waktu yang sangat lama,” kata dokter tersebut, melansir Daily Health, Senin 13 November 2023. 

Mengenal Penyakit Radang Usus, Bisa Sebabkan Kanker Usus Besar Jika Dibiarkan

Berikut penjelasannya: 

Berhenti Merokok

Jokowi Bersyukur Angka Stunting Turun dari 37 Persen Menjadi 21 Persen

Saran nomor satu dari Dr. Tirgari untuk mencegah kanker adalah berhenti merokok dalam bentuk apa pun. Dia menyarankan untuk berhenti merokok, vape, atau bahkan hookah karena berdampak buruk bagi paru-paru dan dapat menyebabkan kerusakan permanen. "Apa pun yang tidak seharusnya masuk ke dalam paru-paru Anda, hentikan," katanya. 

Di Australia, 90 persen kanker paru-paru pada pria dan 65 persen kanker paru-paru pada wanita diperkirakan disebabkan oleh kebiasaan merokok, menurut Cancer Australia. 

Makan Secara Teratur & Berolahraga

Tidak mengherankan juga bahwa mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga secara teratur berada di urutan kedua. 

Dr Tirgari mengatakan obesitas telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, termasuk kanker hati, ginjal, dan kandung empedu, sehingga menjaga kebugaran adalah cara terbaik untuk menjalani gaya hidup sehat. "Kendalikan berat badan dan berolahragalah," katanya.

Daging Olahan

Selanjutnya, Dr Tirgari merekomendasikan untuk menghindari konsumsi daging olahan, seperti ham dan bacon, dengan cara apa pun. 

“Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebenarnya melakukan penelitian yang menunjukkan bahwa salami dan semua jenis bacon serta daging yang diawetkan meningkatkan risiko kanker usus besar, dan itu benar,” katanya. 

"Hilangkan makanan ini dari pola makan Anda dan Anda akan hidup lebih sehat," lanjutnya. 

Berhubungan Seks secara Aman

Hanya sedikit orang yang memahami pentingnya melakukan hubungan seks yang aman, karena IMS berpotensi menyebabkan penyakit atau kanker. "Kita semua tahu risiko HIV tapi tahukah Anda bahwa hepatitis dan HPV juga berhubungan dengan praktik seksual yang tidak aman?" Dr Tirgari melanjutkan. 

Hepatitis sangat meningkatkan risiko kanker hati, sedangkan HPV dapat menyebabkan kanker serviks. “Jika Anda berisiko, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mendapatkan vaksinasi juga,” tambahnya. 

Tabir Surya atau Sunscreen

Terakhir, tabir surya atau sunscreen harus dipakai setiap hari, apa pun musimnya, untuk menurunkan risiko terkena kanker kulit. "Anda harus memakainya setiap kali Anda keluar rumah, baik saat matahari bersinar atau tidak," jelas Dr Tirgari. 

"Tingkat kanker kulit telah meroket dan tabir surya adalah perlindungan terbaik Anda. Saya menggunakannya hampir setiap hari," 

Tabir surya perlu diaplikasikan 20 menit sebelum beraktivitas di luar ruangan dan harus diaplikasikan kembali setiap dua jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya