Mengajak Blogger hingga Influencer Menebar Informasi Positif

Ilustrasi influencer.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA Tekno – Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika (IKP Kemenkominfo) mengajak seluruh masyarakat untuk terus menyebarkan informasi positif melalui konten atau platform digital. Ajakan tersebut termasuk bagi para blogger, pembuat konten (content creator), dan influencer.

Kemenkominfo Menggelar Talkshow dengan Tema Jarimu Harimaumu

Menurut Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim, Kemenkominfo, Septriana Tangkary, penyebaran informasi positif melalui konten atau platform digital harus dimanfaatkan, sebab akan berdampak ke segala sektor, seperti meningkatkan perekonomian lokal.

Pemerintah terus berupaya mempromosikan pariwisata dalam negeri. Salah satunya melalui pengembangan program Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) sesuai arahan Presiden Joko Widodo, di mana telah menginstruksikan untuk fokus dalam pengembangan 5 Destinasi Super Prioritas.

Kemenkominfo Mengadakan Chip In “Periksa Fakta Sederhana”

Septriana mengaku jika salah satu yang bisa dilakukan Pemerintah Daerah (Pemda) bersama dengan para pelaku pariwisata adalah turut mempromosikan potensi lain yang ada di daerah mereka.

 

Kemenkominfo Gelar Kegiatan Chip In "Menjadi Warga Digital yang Cakap, Beretika dan Berdaya"

Content creator.

Photo :
  • DrawKit

Content creator.

Photo :
Salah satunya penyelenggaraan Aquabike Jetski World Championship Lake Toba pada 22–26 November 2023. Sebagai salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang memiliki kekayaan alam, budaya, hingga potensi sport tourism, pertama kalinya Danau Toba di Sumatera Utara terpilih menjadi lokasi kejuaraan jetski dunia.

"Ajang ini diharapkan bisa memberi multiplier effect kawasan Danau Toba dan mempromosikan produk UMKM lokal seperti kopi bubuk atau kain ulos. Kegiatan ini juga akan dihadiri 100 orang peserta yang aktif sebagai blogger, content creator dan influencer, serta disiarkan langsung dari akun YouTube Ditjen IKP Kemenkominfo," katanya.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengatakan bahwa ajang internasional seperti Aquabike World Championship merupakan katalis sebagai destination development - mengembangkan destinasi pariwisata seperti Danau Toba agar bisa menduniakan aset-aset pariwisata di Tanah Air.

"Sebelumnya, kejuaraan ini sudah dilakukan di 40 negara dan yang lalu berlangsung di Italia. Nah, sekarang saatnya Danau Toba jadi tuan rumah ajang yang sudah berlangsung sejak tahun 1984," tutur Maya.

Selain Aquabike Jetski World Championship Lake Toba, beberapa kejuaraan internasional yang ditangani InJourney di antaranya F1 Powerboat World Championship di Danau Toba, Sumatera Utara dan MotoGP Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya