Penemuan Menakjubkan Piramida di Daratan Asia, Umurnya Ribuan Tahun

Pramida di Asia.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA Tekno – Para arkeolog menemukan struktur piramida di Asia Tengah yang diperkirakan berusia lebih dari 3.000 tahun. Monumen ini dikenal dengan sebutan piramida Karazhartas, Kazakhstan.

Sederet Artis Tanah Air yang Sudah Persiapkan Kematiannya Jauh Hari, Beli Kafan hingga Batu Nisan

Dilansir dari Newsweek, Senin, 13 November 2023, piramida ini ditemukan selama penggalian di sepanjang Sungai Taldy di wilayah Karaganda di Kazakhstan Tengah dalam Ekspedisi Arkeologi Sary Arka Universitas Karaganda.

Pesan Vicky Prasetyo Jika Meninggal Dunia, Minta Hal Ini ke Keluarga

Pramida di Asia

Photo :
  • Istimewa

Diduga piramida ini dibangun oleh masyarakat Begazy-Dandibay, yang muncul di Kazakhstan Tengah selama Zaman Perunggu Akhir. Budaya ini terdiri dari komunitas semi-sedentaris yang terutama berbasis pada metalurgi dan peternakan.

Angger Dimas Ungkap Alasan Sang Ibunda Dimakamkan Dekat Makam Dante

Komunitas-komunitas ini mencapai tingkat kemakmuran ekonomi yang relatif tinggi berkat perdagangan logam ke berbagai bagian Eurasia. Keuntungan tinggi dari ekspor logam menciptakan kelas aristokrat baru di antara komunitas-komunitas Begazy-Dandibay.

“Piramida Karazhartas dibangun untuk makam seorang wakil dari kelas aristokrat ini,” kata sejarawan Serhan Cinar dan arkeolog Aybar Kasenali, koordinator penggalian bersama Museum Nasional Kazakhstan kepada Newsweek.

Selama penggalian, para peneliti menemukan struktur ini adalah makam berbentuk piramida yang terdiri dari lapisan-lapisan mirip anak tangga.

Makam ini, yang berisi ruang kuburan, memiliki ukuran sekitar 65 kaki kali 98 kaki dan tingginya sekitar 5 kaki di puncaknya. Penggalian makam batu monumental dari budaya Begazy-Dandibay dimulai pada 1933.

Sejak itu, para peneliti telah menemukan beberapa makam tangga piramidal di wilayah lembah Sungai Taldy, di mana para pemimpin besar dimakamkan.

"Piramida makam piramidal bertingkat Karazhartas yang baru ditemukan adalah struktur kuburan terbesar dari elitis Begazy-Dandibay," kata Cinar.

Mengingat batu-batu potong yang ditemukan di piramida Karazhartas dan ukuran monumental makam, pembangunan struktur sebesar ini pada Zaman Perunggu di daerah yang sangat tandus seperti stepa menunjukkan pemahaman seni tinggi dan kepercayaan spiritual yang kaya yang dicapai oleh komunitas Begazy-Dandibay.

Pramida di Asia

Photo :
  • Istimewa

Penyelidikan di piramida Karazhartas telah mengidentifikasi struktur sarkofagus yang dikelilingi oleh batu granit, yang ditemukan di ruang kuburan. Di dalam sarkofagus, para peneliti menemukan tengkorak penguasa setempat yang dimakamkan.

Di satu area di bagian atas ruang kuburan, arkeolog menemukan ujung tombak dari perunggu dan pecahan tembikar misterius. Terakhir, tulang hewan, yang sering digunakan dalam upacara adat suku-suku stepa, ditemukan di berbagai bagian ruang kuburan dan bagian anak tangga piramida.

Fitur-fitur makam, serta barang-barang pendampingnya, menyoroti status tinggi individu yang dimakamkan. Analisis bahan organik yang ditemukan di piramida , yang dilakukan oleh Universitas Queen di Britania Raya, memungkinkan para peneliti menentukan struktur piramida berasal dari abad ke-15 hingga ke-14 SM.

Arkeolog juga menemukan bukti permukiman proto-kota bernama Kent di wilayah yang sama dengan makam. Menyebar di area seluas 15 hektare, Kent ditandai dengan gerbang labirin, parit, dan tembok.

Permukiman ini memiliki jaringan jalan yang teratur, dan sistem pengumpulan air. Dan di sebelah permukiman, arkeolog menemukan mezbah pengorbanan khusus di mana persembahan seremonial kepada para dewa dilakukan.

"Dalam ritual penduduk Zaman Perunggu Kazakhstan, persembahan diberikan kepada matahari, api, bulan, dan roh-roh 'ongun' pelindung," kata Cinar.

Temuan di Karazhartas memberikan informasi rinci tentang identitas sejarah, hubungan budaya, dan struktur sosial-ekonomi dari budaya Begazy-Dandibay.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya