Awas, Makanan Ini Penyebab Terburuk Hipertensi

Ilustrasi hipertensi.
Sumber :
  • Pixabay/rawpixel

VIVA LifestyleTekanan darah tinggi atau hipertensi jika tidak diobati dapat menyebabkan komplikasi yang berpotensi mengancam jiwa. Dua di antaranya adalah serangan jantung dan stroke, karena memberikan tekanan ekstra pada organ. 

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Seperti banyak kondisi medis lainnya, diet dapat berpengaruh pada tekanan darah seseorang. Untuk itu, menghindari makanan yang dapat menyebabkan tekanan darah tinggi sangat dianjurkan. Apa saja? Yuk, scroll.

Konsultan nutrisi untuk Factory Weights, Chris Smith, mengatakan, percaya atau tidak, sup kalengan mengandung sangat tinggi sodium atau garam. 

5 Makanan yang Dianjurkan untuk Penderita Darah Tinggi, dari Buah Beri sampai Yogurt

"Satu cangkir sup bisa mengandung lebih dari 1000 miligram sodium, yang melebihi setengah dari batas harian yang direkomendasikan," kata dia dikutip Express, Kamis 3 November 2022. 

Ilustrasi makanan kaleng

Photo :
  • Pixabay
6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

"Jika Anda sering makan sup kaleng, penting untuk memeriksa label nutrisi untuk memastikan bahwa itu tidak tinggi sodium atau membuat smoothies dan memasukkan beberapa sayuran serta mulai membuat sup segar Anda sendiri," tambahnya. 

Garam diketahui dapat meningkatkan tekanan darah karena membuat tubuh menahan air dan cairan berlebihan dalam darah akan menyebabkan tekanan ekstra pada dinding pembuluh darah. 

Chris Smith turut mengungkap beberapa makanan dan minuman lain yang juga harus dihindari karena dapat menyebabkan tekanan darah tinggi. Apa saja?

Kopi
Konsumsi kopi terlalu sering menjadi faktor penyebab tekanan darah tinggi. Ini karena kafein merangsang sistem saraf simpatik, yang menyebabkan peningkatan denyut jantung dan penyempitan pembuluh darah.

"Anda tidak perlu menghentikannya sama sekali kecuali dokter Anda merekomendasikannya. Tetapi jika Anda meminum beberapa gelas kopi sehari, Anda mungkin harus mempertimbangkan untuk menguranginya," kata dia. 

Ilustrasi es kopi susu.

Photo :
  • Freepik/valeria_aksakova

Lemak trans
"Lemak trans ditemukan dalam makanan olahan dan dibuat produsen dengan menambahkan hidrogen ke minyak nabati untuk membuatnya padat pada suhu kamar," kata Smith. 

"Lemak trans telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk tekanan darah tinggi, penyakit jantung dan stroke. Mereka adalah lemak jahat dan meningkatkan kolesterol jahat sambil menurunkan kolesterol baik. Jadi, tetaplah pada lemak baik seperti yang bisa Anda temukan dalam biji-bijian, ikan dan kacang-kacangan," sambung dia. 

Daging olahan
Daging olahan juga dapat meningkatkan tekanan darah. Daging ini diolah untuk memperpanjang umur simpannya, seperti bacon, sosis, dan daging deli. Hal ini berarti banyak dari daging ini yang mengandung tinggi sodium. Oleh karena itu, disarankan untuk dihindari. 

Makanan beku
Makanan beku juga dikemas dengan natrium dan lemak jenuh sehingga dapat menyebabkan tekanan darah meroket. 

"Makan malam dengan satu makanan beku seringkali mengandung jauh lebih banyak daripada batas natrium harian Anda. Jadi, demi tekanan darah Anda, lebih baik bertahan dengan makanan segar dan memasak sendiri," pungkas Smith. 

Camilan asin
"Camilan asin seperti keripik dan kacang-kacangan, juga bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Camilan ini seringkali tinggi sodium yang dapat menyebabkan tubuh Anda menahan air serta menyebabkan peningkatan tekanan darah. Jika Anda seorang snacker, cobalah menyimpan beberapa permen bebas gula sebagai gantinya. Anda akan kagum betapa ini dapat mencegah mengidam garam," tutup Chris Smith.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya