Gara-gara Bentuk dan Teksturnya, Kue Ini Disebut Peler Bedebu

Kue peler bedebu
Sumber :
  • dok. Instagram @ndorobeii

VIVA – Beragamnya suku bangsa di Indonesia membuat negara ini dianugerahi dengan kekayaan kuliner. Cita rasa, bahan utama hingga proses memasak yang unik menjadikan aneka kuliner tersebut terasa spesial.

Alasan Kenapa Wafer Stick Tengah Dalam Toples Berplastik

Enggak jarang, muncul kuliner daerah dengan nama yang aneh, unik sampai nyeleneh. Salah satu kuliner dengan nama yang menggelitik adalah peler berdebu. Mungkin terdengar menggelikan atau bahkan sedikit porno, peler berdebu yang bercita rasa gurih merupakan makanan dari Kepulauan Seribu.

Dilansir dari berbagai sumber, kue peler berdebu merupakan makanan yang terbuat dari ubi yang ditumbuk dengan sagu. Kue kemudian diisi dengan gula merah, lalu dikukus lalu diberi taburan ampas kelapa.

Jago Bikin Kue Bentuk Potongan Tubuh Manusia, Wanita Ini Dicap Kanibal

Nama peler diambil karena bentuknya yang bulat dan lembek. Nama itu muncul pada tahun 1970-an dari candaan masyarakat sekitar.

Baca juga: Prilly Latuconsina Sering Nyasar dan Takut di Rumah Barunya yang Mewah

Setelah Es Krim, Kini Ada Kue Rasa Cheetos

Selain peler berdebu, Kepulauan Seribu juga memiliki beberapa nama kuliner yang unik. Sebut saja kue janda mengandang yang terbuat dari tepung beras, sagu dan ampas kelapa yang dikukus. Nama janda mengandang karena kue itu dibuat sebagai bekal dari istri untuk suami yang pergi melaut dan belum bisa dipastikan apakah kembali pulang ke rumah atau tidak.

Ada juga kue selingkuh. Kue ini terbuat dari beras yang diaroni, diisi tumbukan ikan berbumbu, campuran santan kemudian dibungkus daun pisang untuk dikukus.

Ada juga kue janda kecemplung yang terbuat dari terigu dan gula yang dibentuk bulat lalu dikukus. Saat dikonsumsi kue ini dicelupkan ke dalam air gula jawa dan dicampur ke dalam parutan kelapa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya