Kumis Kucing Ampuh Atasi Anyang-anyangan, Ini Resepnya

Kumis kucing.
Sumber :
  • tvOne

VIVA – Sudah sejak lama kumis kucing dikenal sebagai tanaman herbal kaya manfaat. Manfaat kumis kucing di antaranya diandalkan untuk mengobati penyakit saluran kemih termasuk anyang-anyangan.

Mudik Lebaran, Hati-hati Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita!

Ya, Anda pasti sudah paham dengan bahasa anyang-anyangan yang kerap disebut saat proses buang air kecil terasa masih menyisa. Kondisi ini biasanya menjadi tanda saat tubuh mengalami masalah di kandung kemih.

"Anyang-anyangan saat buang air kecil, jadi tanda Infeksi Saluran Kemih (ISK). Ramuan ini bisa jadi antibakteri dan antivirus alami," ujar pakar herbal, dr Muthoharrah, M.Si, dalam acara Hidup Sehat, tvOne, Rabu 15 Juli 2020.

Banyak Tentara Israel yang Terluka di Gaza Alami Infeksi Kesuburan

Baca Juga: #TanyaDokter: Aturan Minum Obat Hipertensi Vs Kolesterol

ISK sendiri bisa disebabkan oleh bakteri yang berkembang biak di organ intim hingga kandung kemih. Maka dari itu, sifat antibakteri pada kumis kucing ampuh membunuh serangan bakteri jahat itu. Nah, agar mampu meredakan anyang-anyangan ini, dokter Muthoharrah membagikan tipsnya.

Waspada Penggunaan Tisu Toilet Berisiko Timbulkan Infeksi Parah

Untuk membuat ramuannya, bahan-bahan yang digunakan cukup mudah didapat yakni, 2 genggam daun kumis kucing, 1 sdm madu, 1 gelas air matang. 

Cara memasaknya juga mudah, rebus air hingga mendidih, potong-potong daun kumis kucing, masukan ke dalam air mendidih. Lalu, rebus sebentar hingga sedikit layu, matikan kompor. Tuang air rebusan ke dalam cangkir dan siap diminum.  Jika kurang suka dengan rasa yang hambar, bisa ditambah madu.

Busana Shimmer Menjadi Trend untuk Baju Lebaran 2024

Terpopuler: Tips Padu Padan Shimmer Dress, hingga Waspadai Infeksi Saluran Kemih Mengintai Wanita

Berikut deretan 5 rangkuman artikel terpopuler kanal Lifestyle VIVA.co.id dalam Round Up sepanjang edisi Kamis 11 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024