8 Manfaat Konsumsi Ikan Air Tawar Bagi Kesehatan Tubuh

Gurame saus tiram.
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Apakah kamu tipe orang yang tidak menyukai jenis makanan ikan air tawar? Tahukah kamu jika ikan merupakan bahan makanan yang sangat bermanfaat bagi tubuh.

Bukan Hanya Menyenangkan, Ini 5 Manfaat untuk Anak Saat Main di Playground

Selain ikan laut yang sangat terkenal seperti salmon dan tuna, kamu juga bisa mengonsumsi ikan air tawar sebagai asupan gizi dan beragam manfaat

Jenis ikan air tawar yang bisa kamu konsumsi diantaranya ikan lele, ikan mujair, ikan mas, gurami dan masih banyak lagi. Ikan ini hidup di sungai, kolam, atau danau dengan kandungan garam yang sangat rendah.

Asuransi Kesehatan Jadi Primadona Usai Lebaran

Ikan laut dan ikan air tawar hanya memiliki sedikit perbedaan dalam kandungan gizinya. Namun memiliki kesamaan akan kaya dengan protein, ikan air tawar mengandung lebih banyak asam lemak omega-3, kalsium, vitamin A, dan folat dibandingkan ikan laut.

Kandungan gizi pada ikan ini sangat tinggi. Ikan mengandung protein hampir sebanyak 30 persen asupan harian yang dianjurkan untuk orang dewasa. Manfaat mengonsumsi ikan air tawar baik untuk kesehatan tubuh karena memiliki sejumlah nutrisi yang berbeda dengan ikan air laut. Berikut beberapa manfaat mengkonsumsi ikan air tawar yang dikutip dari berbagai sumber.

5 Manfaat Puasa untuk Penderita Diabetes, Pengelolaan Gula Darah yang Efektif

8 Manfaat Mengonsumsi Ikan Air Tawar Bagi Kesehatan Tubuh

  1. Menurunkan risiko penyakit jantung

Mengonsumsi ikan air tawar baik untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa ikan jenis ini dapat mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Kandungan lemak yang rendah, tinggi protein, dan asam lemak omega-3 pada ikan baik untuk kesehatan jantung.

  1. Kesehatan otak

Ikan air tawar juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan otak. Fungsi otak manusia akan menurun seiring bertambahnya usia. Dengan mengonsumsi ikan air tawar dapat menghambat penurunan fungsi otak, terutama bagian emosi dan memori.

  1. Mencegah anemia

Ikan air tawar mempunyai manfaat bagi orang yang rentan mengalami anemia karena kandungan vitamin B12-nya yang tinggi. Kandungan vitamin B12 pada makanan ini diklaim bisa memenuhi 121% kebutuhan harian. Meskipun ada jenis ikan lain yang kaya akan vitamin B12, ikan lele merupakan salah satu yang kandungannya paling tinggi. 

  1. Mengatasi depresi

Ternyata rutin makan ikan air tawar ini juga dapat mengurangi stres dan depresi. Kandungan omega-3 di dalam ikan dapat berperan sebagai antidepresan.

  1. Meningkatkan kualitas tidur

Jika kamu bermasalah dengan tidur yang kurang teratur, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi ikan air tawar. Ikan merupakan salah satu makanan yang dapat memicu pembentukan vitamin D. Vitamin ini dapat membantu meningkatkan kualitas tidur dan juga fungsi tubuh terkait vitamin D.

  1. Sumber protein berkualitas tinggi

Kandungan gizi yang terdapat ikan air tawar ini salah satunya yaitu tingginya protein. Protein berperan penting dalam perbaikan otot dan jaringan, pembentukan hormon dan enzim, serta berbagai fungsi tubuh lainnya untuk memenuhi kebutuhan proten sehari-hari.

Seratus gram ikan lele mengandung 16 gram protein yang dapat memenuhi 32 – 39% kebutuhan protein harian. Kandungan protein pada 100 gram ikan nila bahkan lebih tinggi lagi, yaitu 26,2 gram yang setara dengan 46% kebutuhan harian dewasa.

  1. Sumber beragam vitamin dan mineral

Tidak hanya enak, ikan air tawar juga memberikan vitamin dan mineral yang kaya manfaat. Tubuh akan membutuhkannya untuk menjalankan berbagai fungsi, seperti memelihara kerja jantung hingga menjaga kesehatan otak.

Seperti halnya kakap putih yang merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang paling banyak mengandung vitamin dan mineral. Dengan mengonsumsi ikan ini, kamu bisa mendapatkan vitamin A, B1, dan C, serta beragam mineral berupa zat besi, kalsium, dan fosfor.

  1. Mengurangi risiko penyakit autoimun

Nutrisi dalam ikan air tawar dapat membantu untuk mengurangi risiko terkena penyakit autoimun seperti diabetes tipe 1, artritis reumatoid, dan juga sklerosis multipel.

Itulah beberapa manfaat mengonsumsi ikan air tawar yang bisa kamu dapatkan dengan rutin mengonsumsinya. Kandungan gizi yang terdapat pada ikan tawar ini sangat bagus untuk Kesehatan tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya