12 Rekomendasi Makanan Diet yang Rendah Kalori

Makanan diet.
Sumber :
  • M-Kitchen

VIVA – Sebenarnya makanan diet itu sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari lho. Seperti buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain-lain. Supaya diet yang dilakukan sukses dan mencapai target yang diinginkan, kamu harus memperhatikan asupan makanan, karena ini merupakan salah satu kuncinya. 

5 Manfaat Buah Duku untuk Kesehatan Tubuh, Jadi Sumber Antioksidan Kuat

Selain itu, seiring dengan kemajuan teknologi, saat ini telah hadir berbagai aplikasi untuk menghitung kalori yang masuk ke tubuh. Tujuannya supaya kita mengetahui jumlah kalori dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. 
Pastikan asupan kalori yang masuk ke tubuh tidak melebihi jumlah kalori yang dibakar.

Kamu juga harus memastikan pula makanan yang dikonsumsi tidak hanya rendah kalori, namun juga padat nutrisi. Dilansir dari berbagai sumber terpercaya, berikut beberapa pilihan makanan diet yang rendah kalori. 

5 Manfaat Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit, Bisa Melembapkan Kulit Secara Alami

Lantas, Apa Saja Makanan Diet?

Telur

Tertulis di Alquran, 6 Buah Ini Punya Khasiat Luar Biasa untuk Singkirkan Penyakit

Telur rebus

Photo :
  • Times of India

Dulu mengonsumsi telur tidak disarankan karena tinggi kolesterol. Namun, saat ini telur kembali populer karena untuk beberapa orang telur dijadikan sebagai makanan untuk menurunkan berat badan. Telur sangat kaya akan protein dan lemak, serta mengeyangkan. 

Dilansir repository.uin-suska.ac.id, satu butir telur mengandung sekitar 74 kalori, lemak sebesar 4,97 gram, karbodhidrat sebesar 0,38 gram, dan protein sebesar 6,29 gram. Maka, dengan mengonsumsi telur pada saat sarapan akan membuat kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan asupan kalori terlalu banyak. Sehingga telur dapat dijadikan sebagai salah satu makanan diet. 

Pepaya

Buah pepaya.

Photo :
  • Times of India

Banyak orang yang tidak menyukai bau dari buah pepaya. Namun, dibalik itu buah pepaya mengandung banyak nutrisi, lho. Pepaya menjadi sumber vitamin C yang sangat baik. Satu potong buah pepaya mengandung hampir 70% dari kebutuhan vitamin C harian orang dewasa. Sehingga buah ini cocok untuk makanan diet kamu. 

Kubis

Ilustrasi kubis.

Photo :
  • U-Report

Sayuran yang umumnya berwarna hijau ini dapat diolah menjadi sebuah menu sayur atau salad buah. Kubis sangat rendah kalori dan hanya memiliki sekitar 22 kalori per satu porsinya atau sekitar 89 gram. 

Brokoli

Ilustrasi brokoli.

Photo :
  • U-Report

Brokoli memiliki tekstur yang renyah dan lezat ketika menjadi salah satu menu masakan. Bukan hanya lezat, namun sayuran ini dapat dikatakan sebagai salah satu sayuran yang kaya akan nutrisi dan tentunya rendah kalori. 91 gram brokoli mengandung sekitar 31 kalori dan memiliki lebih dari 100% kebutuhan vitamin C untuk tubuh. 

Wortel

Ilustrasi wortel.

Photo :
  • U-Report

Wortel merupakan sayuran yang sangat populer dan juga dianggap sebagai sayur yang memiliki khasiat untuk menjaga Kesehatan mata. Hal ini bukan tanpa alasan, wortel sangat kaya akan beta-karoten yang bisa diubah menjadi vitamin A. pasalnya, vitamin A dalam jumlah besar sangat penting untuk menjaga Kesehatan mata. Satu porsi wortel mengandung 53 kalori dan mencakup 400% vitamin A. 

Bayam

Ilustrasi membuat sayur bayam.

Photo :
  • U-Report

Bayam adalah salah satu sayuran yang memiliki daun berwarna hijau dan sangat kaya akan vitamin serta mineral. Sayuran ini mengandung vitamin K yang sangat tinggi, vitamin A, folat, dan mengandung jumlah protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan sayur lain. 70 gram bayam hanya mengandung 7 kalori saja lho. 

Ubi Jalar

Ubi jalar.

Photo :
  • U-Report

Satu buah ubi jalar mengandung sekitar 4 gram protein, memenuhi 25% kebutuhan serat harian, serta menyediakan 11 kali kebutuhan vitamin A. Bukan hanya itu, ubi jalar juga dapat menjadi sumber karbohidrat yang rendah kalori. Dengan kata lain, ubi jalar bisa digunakan sebagai pengganti nasi putih. 

Semangka

buah semangka

Photo :
  • U-Report

Semangka adalah salah satu buah-buahan yang kaya akan air, sehingga buah ini bisa menghidrasi tubuh. Buah semangka juga memiliki rasa yang lezat sehingga banyak digemari dan sering diolah menjadi berbagai minuman segar. Menariknya, buah ini mengandung hampir semua jenis gizi dan tinggi vitamin C. Sepotong semangka hanya mengandung sekitar 46 kalori. 

Alpukat

Buah Alpukat - Photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Photo :
  • vstory

Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan juga terbukti mengurangi rasa lapar. Dalam sebuah studi menyebutkan bahwa makan setengah porsi alpukat segar dan makan siang melaporkan bahwa keinginan makan di waktu lainnya menurun sekitar 40 persen. Dalam buah alpukat juga diyakini mengandung serat yang mengenyangkan dan antioksidan pembunuh radikal bebas. 

Salmon

Ikan salmon.

Photo :
  • Pixabay

Ikan salmon juga sangat sehat yan bisa mengenyangkan perut selama berjam-jam dengan kalori yang relatif lebih sedikit. Makanan sehat ini sangat kayak akan protein, lemak sehat, dan berbagai nutrisi penting. Ikan salmon juga akan memberikan iodium dalam jumlah yang signifikan. 

Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Photo :
  • U-Report

Walaupun kacang mengandung banyak lemak, tapi kacang tidak akan membuat kenaikan berat badan pada tubuh lho, sehingga makanan ini cocok untuk makanan diet. Kacang mengandung protein, serat, dan lemak sehat yang seimbang. Namun, pastikan untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsinya, ya!

Pisang

ilustrasi pisang

Photo :
  • U-Report

Pisang adalah salah satu makanan diet tinggi serat dan tentunya rendah kalori. Pisang dapat dijadikan sebagai makanan untuk sarapan di pagi hari. Satu buah pisang berukuran sedang mengandung lebih dari 100 kalori dan 3 gram serat makanan yang akan menahan rasa kenyang lebih lama. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya