Gurih, Ini 9 Cara Membuat Cireng Rumahan yang Menggugah Selera

Cireng Ayam Pedas.
Cireng Ayam Pedas.
Sumber :
  • Cookpad/Yunimega

VIVA – Cara membuat cireng terbilang cukup mudah dilakukan di rumah. Selain mudah dilakukan, jajanan khas Bandung ini juga sangat lezat dan ramah di kantong. Cireng terbuat dari bahan dasar tepung kanji yang berasal dari kata ‘aci’ atau tepung kanji yang ‘digoreng’. Mirip dengan cilok atau ‘aci’ yang ‘dicolok’.

Camilan renyah dan murah ini tidak hanya populer di tanah kelahirannya saja. Namun, sampai juga ke ibu kota Jakarta, di pinggir jalan banyak yang menjual jajanan ini dengan tagline ‘Cireng Bandung’. Bahkan, cireng ini mempunyai penggemar sampai ke selurh nusantara, lho!

Bukan hanya terbuat dari bahan dasar yang sama dengan cilok, bahan lain dan proses pembuatannya pun mirip dengan cilok. Perbedaan dari kedua makanan khas Bandung ini terletak dari bentuknya, bila cilok mempunayi bentuk bulat, maka cireng memiliki bentuk yang datar.

Selain itu, cara penyajian cilok dan cireng pun berbeda, bila cilok disajikan dengan cara dikukus, maka cireng dengan cara di goreng. Cireng umumnya disajikan dengan dengan memakai saus kacang, saus sambal, atau saus bumbu rujak.

Sama halnya dengan jajanan lain yang dijual di pinggir jalan, cireng juga memiliki bentuk yang bervariasi. Mulai dari bentuk koin, bulat seperti cilok, ada juga cireng tanpa isi dan dengan isian. Nah, untuk kamu yang semakin penasaran mengenai cara membuat cireng, simak ulasan berikut, ya!

Lalu, Bagaimana Cara Membuat Cireng?

1. Cara Membuat Cireng Sederhana