Mudah Banget, Coba Cara Hilangkan Bau Amis Ikan Patin

Ikan Patin
Ikan Patin
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Ikan patin merupakan salah satu jenis pangan lokal yang mudah ditemui dengan harga terjangkau. Apalagi, begitu banyak ragam olahan makanan nusantara dari ikan patin yang lezat dan nikmat.

Tapi, banyak orang yang enggan memakai ikan patin lantaran kerap merasa kesulitan mengolahnya. Salah satunya karena bau amis dan aroma tanah yang sulit dihilangkan dari ikan patin sehingga membuat rasanya kurang nikmat. Padahal, ada cara mudah untuk menghilangkan bau tanah dan amis itu lho.

Hal itu diungkap oleh Passionate homecook, Putri Habibie saat merayakan Hari Gizi dan Makanan Nasional dengan menggelar penyuluhan gizi dan kelas praktik memasak berbahan dasar hasil budidaya ikan lokal, bersama Kelompok Ibu Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) di Desa Ciroyom, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Kegiatan ini merupakan bagian dari program utama Yayasan Berdaya Putri Habibie yang bertajuk “Pangan Lokal Bergizi” (PLB).

"Tips ini aku dapatkan langsung dari nelayannya. Ikan patin dipotong. Rendam di air beras 15-20 menit setelah itu hilang bau amisnya," ujar Putri, dalam acara virtual, Rabu 26 Januari 2022.

Sama halnya untuk menghilangkan aroma tanah tak sedap, sebaiknya segera rendam ikan patin di air beras. Putri Habibie juga menganjurkan untuk memberikan perasan jeruk nipis di ikan patin tersebut.

"Tentunya kasih jeruk nipis garam dan bahan-bahan lain untuk hilangkan bau lain," ujarnya.

 Jeruk nipis.

Jeruk nipis.

Photo :
  • U-Report