Dijamin Manjur, Ini 5 Tips Olah Daging Kurban Agar Tidak Bau

Daging kurban dibungkus daun jati dan daun pisang di masjid di DIY
Sumber :
  • VIVAnews/Cahyo Edi

Jakarta - Ada beberapa cara untuk menghilangkan bau terhadap daging kurban. Biasa dengan menggunakan bahan alami atau dengan cara direndam beberapa menit terlebih dahulu sebelum dimasak.

5 Tips untuk Mengontrol Emosi secara Efektif, Menghadapi Emosi dengan Tenang

Mengolah daging kurban dengan benar adalah langkah penting untuk menghindari bau yang tidak sedap. Berikut adalah beberapa tips tambahan untuk mengolah daging kurban agar tidak berbau, dilansir berbagai sumber:

1. Langsung Bersihkan

6 Tips Membuat Hidup Lebih Tenang, Pikiran Lebih Relaks

Suasana pemotongan daging kurban yang dilakukan Golkar Kota Bekasi.

Photo :
  • Dok. Golkar Kota Bekasi

Setelah penyembelihan, segera bersihkan daging kurban dengan air bersih untuk menghilangkan darah yang dapat menyebabkan bau tidak sedap. Pastikan untuk membersihkan dengan teliti, terutama pada bagian yang berdarah seperti organ dalam dan jeroan.

Pentingnya Mencintai Diri: Melawan Depresi dan Maraknya Percobaan Bunuh Diri

2. Rendam Air Garam

Distribusi dan Pembagian Daging Kurban

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Rendam daging kurban dalam air garam selama beberapa jam sebelum dimasak. Air garam membantu menghilangkan bau tidak sedap dan juga membantu melonggarkan serat-serat daging sehingga lebih mudah dimasak.

3. Gunakan Bahan Alami

Penerima daging kurban.

Photo :
  • U-Report

Beberapa bahan alami seperti jeruk nipis, lemon, atau cuka dapat membantu menghilangkan bau tidak sedap pada daging kurban. Peras jeruk nipis atau lemon dan oleskan jusnya ke permukaan daging kurban, biarkan selama beberapa saat sebelum dicuci. Anda juga dapat menggunakan cuka dengan cara yang sama.

4. Marinasi dengan Bumbu

Persiapan pembagian daging kurban Idul Adha beberapa waktu silam.

Photo :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

Sebelum memasak, marinasi daging kurban dengan bumbu-bumbu aromatik seperti bawang putih, jahe, ketumbar, atau rempah-rempah lainnya. Bumbu-bumbu ini akan memberikan aroma yang harum dan dapat mengurangi bau tidak sedap pada daging.

5 Memasak Dengan Cara yang Benar

Ilustrasi makan daging kurban

Photo :
  • U-Report

Pemilihan metode memasak yang tepat juga penting untuk menghilangkan bau tidak sedap pada daging kurban. Misalnya, Anda dapat memasak daging dalam oven dengan suhu tinggi untuk membantu mengurangi bau. Juga, memasak dengan menambahkan rempah-rempah dan bumbu akan memberikan rasa yang lezat dan mengurangi bau tak sedap.

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kehigienisan saat mengolah daging kurban. Jika Anda masih memiliki kekhawatiran tentang bau pada daging kurban, konsultasikan dengan pakar atau ahli yang berpengalaman dalam pengolahan daging.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya