Dari Rendang hingga Gulai, Ini 6 Menu Olahan Daging Favorit Saat Hari Raya Idul Adha

Ilustrasi rendang
Sumber :
  • Pixabay

Jakarta – Idul Adha merupakan salah satu perayaan besar umat Muslim yang dirayakan setiap tahunnya. Untuk tahun ini, perayaan Idul Adha akan digelar besok Kamis, 29 Juni 2023. Namun, warga Muhammadiyah sudah menggelar hari ini.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

Pada perayaan Idul Adha, umat Muslim melaksanakan ibadah kurban dengan menyembelih hewan ternak seperti sapi, domba, atau kambing. 

Daging hasil kurban ini kemudian dibagikan kepada yang membutuhkan serta diolah menjadi berbagai hidangan lezat. Berikut ini adalah beberapa menu olahan daging favorit untuk Idul Adha yang bisa kamu coba.

Sejarah Ketupat yang Menjadi Menu Paling Populer Saat Hari Raya Idul Fitri

1. Sate Kambing

Sate Kambing

Photo :
  • IG @satebangtekun
Rahasia Rendang Amboi! 5 Hal Penting Ini Wajib Diperhatikan Saat Pengolahan

Sate kambing adalah hidangan yang sangat populer di Indonesia. Daging kambing yang telah dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk menggunakan tusuk sate, lalu dipanggang hingga matang dan berwarna kecokelatan. 

Sate kambing biasanya disajikan dengan bumbu kacang dan lontong. Rasanya yang gurih dan pedas membuat sate kambing menjadi favorit banyak orang. Menu yang satu ini paling favorit ketika mendapatkan daging kurban.

2. Gulai Kambing

Gulai kambing.

Photo :
  • Cookpad/Hani Rafika Santi (Bakari Kitchen)

Gulai kambing juga menjadi salah satu menu favorit bagi mereka yang mendapatkan daging kurban di hari raya Idul Adha. Gulai kambing adalah hidangan khas Indonesia yang memiliki cita rasa kaya rempah. 

Daging kambing dipotong menjadi potongan-potongan kecil dan dimasak dalam kuah gulai yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti serai, jahe, lengkuas, dan berbagai bumbu lainnya. Gulai kambing biasanya disajikan dengan nasi putih atau ketupat.

3. Rendang Sapi

Rendang Sapi.

Photo :
  • U-Report

Selain itu, masyarakat juga biasanya membuat masakan rending sapi. Rendang sapi adalah hidangan tradisional Minangkabau yang terkenal di seluruh Indonesia. 

Daging sapi yang dipotong dadu dimasak dalam santan kental dan bumbu rendang yang kaya akan rempah-rempah seperti cabai, serai, daun jeruk, dan kayu manis. 

Proses memasak rendang yang memakan waktu lama membuat daging menjadi empuk dan bumbu meresap dengan sempurna. Rendang sapi biasanya disajikan dengan nasi atau ketupat.

4. Kebab

Kebab.

Photo :
  • The Sun

Sebenarnya menu yang satu ini jarang diolah masyarakat di hari perayaan Idul Adha. Meski begitu, kamu wajib coba jika ingin mengolah makanan lain selain pilihan di atas. 

Kebab adalah hidangan yang berasal dari Timur Tengah namun telah populer di berbagai negara. Dalam menu Idul Adha, daging kambing atau daging sapi dipotong tipis-tipis dan dimarinasi dengan bumbu rempah seperti bubuk paprika, jintan, dan kayu manis.

Daging kemudian dipanggang atau dipanggang dalam tandoor, dan disajikan dalam roti tortilla atau dengan nasi serta saus yogurt.

5. Nasi Kebuli

Nasi Goreng Kambing Kebuli.

Photo :
  • Bango.

Nasi kebuli adalah hidangan nasi berbumbu yang kaya rempah-rempah dan diisi dengan potongan daging kambing atau sapi. Nasi kebuli biasanya dimasak dengan menggunakan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kayu manis, cengkeh, dan kismis. 

Daging yang dimasak bersama nasi akan memberikan cita rasa yang gurih dan aromatik yang menggugah selera. Nah, kamu bisa mencoba membuat nasi kebuli di hari perayaan Idul Adha.

6. Bakso Sapi

Pentol Bakso Daging Sapi

Photo :
  • Cookpad/Kurnia Kemala Sari

Bagi masyarakat yang mendapatkan daging kurban sapi lebih banyak, biasanya mereka mengolah daging menjadi bakso. Bakso sapi adalah hidangan Indonesia yang terdiri dari bola-bola daging sapi yang kenyal. 

Daging sapi yang telah diolah dan dicampur dengan bumbu seperti bawang putih, merica, dan tepung tapioka kemudian dibentuk menjadi bola-bola kecil. 

Bakso kemudian direbus dalam kuah kaldu sapi yang kaya rasa. Bakso sapi biasanya disajikan dengan mie, bihun, tahu, dan sayuran pelengkap seperti sawi atau taoge.

Itulah beberapa menu olahan daging favorit yang bisa kamu coba saat perayaan Idul Adha. Tentu saja, ada banyak lagi hidangan lezat yang dapat kamu eksplorasi dengan daging kurban sesuai dengan selera dan kebiasaan masakan kamu. Selamat merayakan Idul Adha!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya