Biar Rendang, Opor dan Sayur Ketupatnya Gak Basi, Perhatikan Cara Pengolahan Santannya

Santan kelapa.
Sumber :

VIVA Lifestyle – Rendang, opor ayam, ketupat sayur hingga aneka gulai menjadi deretan menu masakan yang sering dihidangkan selama hari Raya Idul Fitri. Deretan makanan tersebut diketahui dibuat dengan tambahan santan

10 Tips Redakan Nyeri Haid dengan Cara Alami

Ya makanan bersantan sendiri sangat menggugah selera, selain rasanya yanng gurih dan konsistensinya yang kental membuat makanan ini menjadi primadona. Namun sayangnya, makanan dengan santan ini mudah basi, jika tidak disimpan dengan baik. Scroll lebih lanjut ya.

Lantas apa yang perlu dilakukan? Ternyata ada trik yang dapat dilakukan agar makanan bersantan itu tahan lama. Salah satunya adalah dengan perhatikan teknik pengadukan. Seperti diketahui, makanan dengan santan yang pecah akan lebih cepat basi. Oleh karenanya perlu teknik yang tepat untuk mengatasi itu.

5 Tips Pilih Camilan Sehat Buat Anak, Jangan Cuma Lezat Bun!

"Sebenernya tergantung kebutuhan. Mau dipecah atau creamy. Kalau supaya tidak pecah usahakan untuk memasaknya pada suhu kurang dari 100 derajat, dan diaduknya pelan-pelan," ungkap Celebrity Chef Yuda Bustara saat ditemui VIVA.co.id beberapa waktu silam. 

Weekend ke Mana? Yuk, Nikmati Hidangan ala Gourmet Cocok Buat Temen Nongkrong

Selain itu, ketika ingin memasknya pastikan juga untuk jangan menyalakan api terlebih dahulu sebelum panci diisi oleh santan tersebut. Pastikan pula ketika mendidih, sebaiknya api langsung dimatikan dan diangkat. Kemudian biarkan beberapa saat hingga makanan kembali bersuhu ruangan. Setelahnya itu, tutup panci dan simpan di tempat kering.

"Jangan terlalu lama juga. Dan diaduk jangan sampai pecah," jelasnya.

ilustrasi santan.

Photo :
  • Pixabay/Liza redfern

Selain itu, Yuda Bustara juga menyarankan untuk menggunakan santan yang masih segar langsung dari kelapa tua, dibandingkan dengan santan instan. Meskipun diketahui ketika menggunakan santan segar akan lebih cepat basi.

"Santan fresh lebih baik, karena tekstur itu gak manis karena dia juga gak pakai pengawet," jelasnya.

Dia juga tidak menyarankan untuk terus-menerus menghangatkan makanan yang biasanya dilakukan oleh kita dengan tujuan untuk membuat makanan tahan lama.

"Kalau makanan yang sering dipanaskan pastinya gak akan bagus, karena kandungan baiknya akan hilang semua" tukasnya.

Jadi gimana sudah siap memasak makanan bersantan untuk dihidangkan pada hari raya Idul Fitri lusa? Ikuti tips-tips di atas ya supaya makanan bersantan yang dibuat bisa tahan lebih lama. Baca di sini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya