15 Menu Buka Puasa Mulai dari Makanan Berat, Ringan hingga Takjil

Menu buka puasa
Sumber :
  • Instagram @kumpulanresepbundaku

VIVA – Menu buka puasa  biasanya banyak dicari menjelang bulan ramadhan atau bulan puasa tiba. Setelah tibanya bulan puasa biasanya masyarakat masih suka kebingungan menu apa yang akan dimakan saat berbuka. Sehingga tulisan ini dibuat untuk membantu kamu yang kesulitan atau kebingungan menentukan pilihan menu untuk berbuka puasa. Seperti yang diketahui bahwa sebentar lagi bulan puasa 2022 akan segera tiba dan umat muslim sudah mulai menantikannya.

Bulan Puasa Buat Rieke Diah Pitaloka dan Mantan Suami Akur Kembali

Ada berbagai macam menu buka puasa yang akan kita bahas pada kali ini mulai dari makanan berat, makanan ringan hingga takjil. Berbuka puasa sendiri merupakan waktu dimana umat muslim membatalkan ibadah puasa setelah seharian penuh menjalaninya. Buka puasa bisa dilakukan di rumah maupun di luar rumah seperti saat akan makan bersama dengan keluarga di luar atau dengan teman dan yang lainnya. Nah, supaya kamu tidak kebingungan lagi untuk memilih, berikut ini kumpulna menu buka puasa yang simpel dan dapat menjadi referensi untuk dijadikan menu saat berbuka puasa. 

Menu Makanan Berat

Kapan Waktu Terbaik Minum Kopi di Bulan Ramadhan, Saat Berbuka Puasa atau Sahur?

1. Sup Ayam

Sup ayam

Photo :
  • VIVA
Sosok Salwan Momika, Pembakar Al-Quran Swedia yang Tewas di Bulan Ramadhan

Salah satu menu makanan yang cocok untuk berbuka puasa adalah sup ayam dimana makanan yang berkuah sejatinya lebih menyegarkan. Apalagi saat dimakan setelah menjalankan ibadah puasa seharian penuh. Sup ayam sendiri mengandung protein yang dibutuhkan oleh tubuh. Sementara rempah-rempah yang ada di dalamnya mampu menghangatkan tubuh kita. 

Hidangan sup ayam ini juga sangat mudah dibuat dan banyak nutrisi yang terkandung di dalamnya. Serat yang terkandung pada ayam dianggap mampu melancarkan pencernaan kita. Jika kamu ingin memakan sup ayam yang lebih sehat daging dada ayam yang biasanya menjadi baha sup dapat kamu ganti dengan ayam kampung. Hal iu dikarenakan lemak yang terkandung dalam ayak kampung lrbih sedikit. 

2. Telur Orak Arik Sayur

Ilustrasi telur orak arik.

Photo :
  • Pixabay/MAKY_OREL

Telur bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjadi menu buka puasa, namun bukan dengan olahan biasa. Jika biasanya mungkin telur hanya dimasak dengan digoreng atau direbus, kamu bisa memvariasikannya dengan dijadikan sebagai telur orak arik sayur. Apalagi telur mengandung banyak protein. 

Cara membuatnya sendiri tidak sulit dan dengan bahan-bahan yang mudah dicari pula. Menu telur orak arik sayur ini bisa melengkapi buka puasa kamu dan menemani hidangan menu lainnya. Menu ini tentunya menjadi menu yang sehat namun tetap memiliki rasa yang gurih dan lezat. 

3. Soto

soto

Photo :
  • U-Report

Berbuka puasa memang paling cocok dengan makanan yang berkuah-kuah contohnya seperti soto. Menu yang satu ini menjadi makanan yang menyegarkan setelah kita menjalani ibadah puasa seharian penuh. Soto memiliki rasa yang gurih dan lezat. Soto memiliki berbagai macam jenis dan kamu dapat memilih berbagai macam soto yang akan dijadikan menu berbuka puasa misalnya seperti soto ayam, soto daging, soto betawi, soto babat dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk ditambahkan dengan nai agar semakin lezat dan perut menjadi kenyang.

4. Ayam Rica-rica

Resep ayam rica-rica

Photo :

Satu lagi menu berbuka puasa yang menjadi santapan gurih dan lezat yakni adalah ayam rica-rica. Menu yang satu ini cocok untuk kamu yang menyukai makanan pedas dan mungkin saat berpuasa sudah tidak sabar untuk bertemu rasa pedas kembali. Ayam rica-rica merupakan ayam yang dipadukan dengan bumbu rica pedas yang pastinya akan membuat kita ketagihan. Menu yang satu ini menjadi salah satu yang dapat melengkapi menu buka puasa bersama keluarga di rumah. 

5. Sambal Goreng Ati Ampela

Kentang balado udang.

Photo :
  • YouTube/Jian Atya Tube

Saat kamu sudah kebingungan untuk menentukan ide menu untuk buka puasa, sambal goreng ati ampela dapat menjadi pilihannya. Menu rumahan ini bisa dijadikan sebagai hidangan untuk berbuka puasa karena membuatnya sangat simpel dan mudah. Sambal goreng ati ampela ini terbuat dari kentang, dan ati ampela. 

Kamu dapat menghidangkannya sesuai selera dengan rasa yang pedas atau yang biasa-biasa saja. Biasanya menu ini menjadi favorit bagi keluarga untuk disantap bersama saat berbuka puasa lho!

Menu Makanan Ringan

1. Lontong Isi Sayur

Lontong isi sayur

Photo :
  • Instagram @ceritamamanita

Lontong isi sayur bisa menjadi menu buka puasa ringan untuk dihidangkan. Biasanya lonton menjadi favorit masyarakat untuk menjadi pengganjal perut. Hal itu karena ada sebagian masyarakat yang tidak langsung makan makanan berat saat berbuka puasa sehingga lontong sayur menjadi pilihannya. 

2. Martabak Telur

Martabak telur bebek mini.

Photo :
  • Cookpad/Sunny16teen
 

Martabak telor juga menjadi makanan ringan yang bisa menjadi hidangan untuk berbuka puasa. Martabak telur sendiri bisa melengkapi menu makanan ringan sebelumnya yakni lontong isi sayur dan juga menjadi pengganjal perut sebelum memakan makanan berat. 

3. Risol 

American risoles

Photo :
  • www.ncc-indonesia.com

Menu pelengkap selanjutnya ada risol yang memiliki banyak jenis mulai dari risol isi sayur, risol isi mayones dan risol isi sosis atau dengan isian lainnya yang sesuai dengan selera. Biasanya saat waktu ngabuburit tiba banyak para pedagang yang menjual riso untuk menjadi menu pengganjal saat berbuka puasa. 

4. Tahu Goreng

Tahu Goreng

Photo :
  • VIVAnews/Lutfi Dwi Astuti

Gorengan yang menjadi menu andalan saat berbuka puasa yang tak boleh ketinggalan adalah tahu isi. Biasanya banyak orang yang membuat sendiri atau membeli tahu isi untuk menu buka puasa. Gorengan ini juga biasanya banyak dijual oleh pedagang saat waktu ngabuburit sore sebelum waktu berbuka tiba. 

5. Bakwan

Bakwan sayur.

Photo :
  • resepkulinerkreatif.blogspot.com

Bakwan juga tidak boleh dilewatkan menjadi menu buka puasa karena gorengan ini menjadi salah satu yang biasanya wajib ada untuk dihidangkan. Bakwan juga sangat disukai oleh masyarakat dan menjadi menu pelengkap bersama dengan gorengan-gorengan lainnya seperti martabak telur, risol dan tahu goreng. Bakwan sudah pasti banyak sekali dijual oleh pedagang makanan apalagi saat waktu ngabuburit sore. 

Menu Takjil

Dalam menu buka puasa tentunya tak lengkap bila tidak ada hidangan takjil. Seperti yang kita tahu biasanya akjil menjadi hidangan buka puasa yang manis-manis dan segar yang juga disunahkan dalam agama Islam. Beberapa menu takjil di bawah ini bisa menjadi referensi untuk menjadi pilihan menu saat berbuka puasa. 

1. Es Kolak Pisang 

Kolak pisang.

Photo :
  • U-Report

Salah satu menu takjil untuk berbuka puasa yang pertama adalah es kolak pisang. Hidangan ini merupakan menu yang legendaris di Indonesia lho! Hidangan ini terdiri dari buah pisang yang dicampur dengan kuah santan, gula merah dan daun pandan sebagai penambah aroma harum dan hidangan menjadi lebih lezat. 

2. Es Pisang Sirup

Es pisang ijo.

Photo :
  • Cookpad/Bunda Dewi

Selain es kolak pisang, menu lainnya yang menggunakan buah yang sama namun berbeda yakni ada es pisang sirup. Sesuai dengan namanya, bahan dasar pisang akan dicampurkan dengan sirup sesuai dengan selera masing-masing. Kamu juga bisa memilih varian sirup apa yang ingin dicampurkan. Bisa varian rasa melon, jeruk, anggur dan lain sebagainya. 

Menu es pisang sirup ini bisa kamu buas sendiri di rumah sebelum buka puasa tiba karena untuk membuatnya sangat mudah. Kalaupun ingin membelinya harga es pisang sirup juga relatif murah. Untuk menambah kenikmatan dari es pisang sirup kamu dapat menambahkan toping lain seperti susu kental manis atau cokelat. 

3. Es Bubur Sagu Mutiara

Menu buka puasa

Photo :
  • Instagram @kumpulanresepbundaku

Menu takjil selanjutnya yang dapat dihidangkan sebagai eman berbuka puasa ada es bubur sagu mutiara. Buka puasamu tentunya akan menjadi lebih segar dengan menu buka puasa yang satu ini. Kesegaran didapttkan dari dinginnya es dan nikmatnya bubur sagu mutiara. Maka dari itu akan sangat nikmat jika dihidangkan saat masih dalam keadaan dingin. 

4. Es Campur

Es campur

Photo :
  • Instagram @e_ndro

Es campur tentunya sudah tidak asing lagi kan bagi masyarakat Indonesia? Menu takjil es campur ini biasanya memang selalu menjadi menu buka puasa yang harus ada saat buka puasa. Apalagi saat berkumpul bersama keluarga, teman atau bahkan reunian. Es campur juga dikenal dalam seharinya sebagai pelepas dahaga dan menyegarkan. Menu takjil ini pasti selalu menjadi andalan saat berbuka puasa. Sesuai dengan namanya, berbagai macam buah akan dicampur dengan es, sirup dan susu kental manis. Ada juga pilihan lainnya sepeti menambahkan jelly atau bahan lainnya. 

5. Es Sop Buah

Sop buah.

Photo :
  • U-Report

Sebenarnya es sop buah ini hampir mirip dengan e campur dimana sama-sama berisi campuran buah-buahan. Namun yang berbeda ada di penyajiannya. Es sop buah dicampurkan lebih banyak isi buah-buahannya dan biasanya juga ditambahkan dengan yogurt sebagai pilihannya sehingga rasanya akan semakin nikmat. 

Itulah berbagai kumpulan menu buka puasa yang bisa menjadi ide bagi kamu saat bingung menentukan menu apa yang cocok dan sedang ingin dimakan. Kamu bisa coba dari yang belum pernah kamu buat atau makan sebelumnya. Semoga pilihan menu-menu di atas dapat membantu dna menjadi referensi kamu saat sedang kesulitan memilih menu untuk berbuka puasa baik itu untuk di rumah ataupun saat sedang berbuka puasa di luar rumah. 

Pemantauan Hilal Untuk Menentukan Awal Puasa Ramadhan. (ilustrasi)

Kok Bisa Umat Islam Bakal Puasa Ramadhan 2 Kali pada 2030, Ini Penjelesannya

Ramadhan tahun 2030 akan berlangsung dua kali setahun. Ibadah wajib ini akan dilakukan oleh orang-orang yang beragama Islam pada awal dan akhir tahun. Ini penjelasannya.

img_title
VIVA.co.id
11 April 2024