10 Menu Takjil Enak Murah Meriah, Dijamin Kantong Tetap Aman

Menu takjil puasa, Kurma
Sumber :
  • pixabay

VIVA – Bulan Ramadhan segera tiba. Mencari menu takjil adalah suatu kegiatan rutin yang dilakukan umat muslim menjelang berbuka puasa. 

Ragam Motor Listrik Harga Murah Meriah Hadir di Kemayoran

Biasanya, para pedagang menjual menu takjil mulai dari abis ashar hingga setelah magrib. Beragam menu takjil disuguhkan dengan beragam sajian.

Buat anak perantau, mencari menu takjil sangat mudah. Biasanya, menu takjil di jual di sekitar jalan raya dengan harga yang murah meriah. Berikut telah kami sajikan deretan menu takjil yang enak dan murah meriah.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

1. Kolak

Kolak pisang dan labu madu

Photo :
  • Cookpad/Elyanied
Ninja Xpress: Pengiriman Paket Melonjak 20 Persen saat Ramadhan 2024

Menu takjil buka puasa yang satu ini wajib untuk hidangan berbuka. Perpaduan rasa manis gula merah dan gurihnya santan membuat banyak orang ingin mengonsumsi makanan satu ini.

Selain nikmat, bahan dasar yang ada di dalamnya juga bernutrisi, seperti ubi dan pisang. Tak hanya itu, kolak biasanya juga terdapat pacar cina dan biji salak yang menambah cita rasa. Harga kolak ini sangat bervariasi mulai dari Rp5.000 an.

2. Sop buah

Sop buah.

Photo :
  • U-Report

Menu takjil ini juga tak ketinggalan yang wajib ada dalam menu berbuka puasa. Sop buah sangat cocok dijadikan menu berbuka karena rasanya yang segar dan juga bergizi. Terdapat beberapa variasi buah dalam menu sop buah, diantaranya buah melon, alpukat, buah naga, pisang, dan lainnya.

Harga sop buah yang di jual juga sangat bervariasi. Mulai dari 5 ribu, hingga puluhan ribu. Tergantung isi buah yang disajikan dalam menu sop buah.

3. Es kelapa muda

Es kelapa muda.

Photo :
  • U-Report

Es kelapa adalah salah satu minuman favorit semua kalangan untuk berbuka. Kandungan nutrisi seperti kalium, vitamin C dan vitamin B membuat es kelapa muda cocok disajikan sebagai menu takjil buka puasa. Dengan minum es kelapa mud aini energi akan pulih kembali dan semangat menjalankan ibadah sholat fardhu dan tarawih. Harga es kelapa muda ini sangat bervariasi, mulai dari 10 ribu rupiah saja.

4. Gorengan

Camilan gorengan.

Photo :
  • U-Report

Menu takjil camilan untuk berbuka puasa yang wajib ada yaitu gorengan. Gorengan menjadi makanan favorit semua kalangan untuk berbuka. Harganya yang murah, mudah ditemukan, serta rasanya yang nikmat, menjadikan alasan utama makanan yang satu wajib ada untuk berbuka. Gorengan yang umum dijajakan yaitu tempe, tahu, cireng, pisang, dan lainnya. Harganya cukup murah yaitu sekitar 1 ribu hingga 2 ribu rupiah.

5. Arem-arem

Arem-arem.

Photo :
  • doc. NCC

Menu takjil selanjutnya adalah arem-arem. Menu ini biasa disajikan dalam kotak snack bersama air putih dan menu kue kering lainnya. Arem-arem umumnya terdiri dari dua varian isi, yaitu oncom dan sayur. Namun, ada juga arem-arem yang berisi ayam. Harganya pun terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp 2 ribu hingga Rp 4 ribuan per potong.

6. Kurma

kurma.

Photo :
  • U-Report

Buah kurma menjadi buah khas menjelang bulan puasa. Selain harganya relatif murah, buah kurma juga memiliki banyak khasiat, seperti melancarkan sistem pencernaan, mencegah diabetes, dan meningkatkan kesehatan jantung. Kurma umumnya sudah disajikan dalam cup atau wadah, sehingga biasa dijual dengan harga Rp25 ribu hingga Rp65 ribu.

7. Bubur sumsum

Bubur sumsum.

Photo :
  • U-Report

Bubur sumsum juga menjadi salah satu menu takjil yang biasa tersaji saat berbuka. Rasanya yang manis dan mampu mengganjal perut sebelum makan besar menjadi alasan mengapa bubur sumsum selalu menjadi salah satu menu wajib di setiap bulan puasa. Harga bubur sumsum ini berkisar Rp8 ribu hingga Rp10 ribu saja.

8. Es campur

es kelapa campur

Photo :
  • U-Report

Es campur memang sudah umum di jual tak hanya pada saat bulan puasa saja. Namun, es campur juga menjadi salah satu menu andalan untuk berbuka. Rasanya yang manis dan segar membuat es campur cocok untuk dijadikan menu buka puasa. Harga es campur ini sangat terjangkau, yaitu sekitar Rp10 ribu an saja per bungkus. 

9. Kue basah

Ilustrasi kue warna warni

Photo :
  • U-Report

Menu takjil lainnya yang lumrah ada saat berbuka yaitu kue basah. Takjil buka puasa sehat ini umum ditemukan di pasar atau toko kue. Kue basah menyajikan beragam menu camilan yang nyaman untuk perut kamu setelah lebih dari 12 jam menahan lapar, dan haus. Harga kue basah ini sangat murah meriah yaitu berkisar Rp1.500 hingga Rp3.500 per buah.

10. Risol

Risoles mayonaise

Photo :
  • Cookpad/Lizna Ananda

Menu takjil murah meriah selanjutnya ada risol. Risol memiliki beragam variasi isi mulai dari daging, sayur hingga mayonaise. Untuk mencari menu takjil yang satu ini cukup relatif mudah, karena banyak ditemukan di berbagai penjual takjil di pinggir jalan. Risol daging bisa kamu beli mulai dari Rp5 ribu hingga Rp8 ribu per buah.

Itulah sederet menu takjil murah meriah yang wajib untuk jadi menu berbuka puasa. Dijamin tak bikin kantong bolong. Meski harganya murah, tetap kontrol makanan kamu agar tidak berlebihan. Dan tetap bisa menjalankan ibadah puasa dengan lancar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya