7 Fakta Unik Oreo, Misteri Asal Usul Nama hingga Sejarahnya

Biskuit Oreo
Sumber :
  • unsplash,com

VIVA – Sebagian besar pasti tahu makanan manis yang populer hingga saat ini, Oreo. Sampai saat ini Oreo masih memiliki popularitas yang tinggi dan memiliki penggemarnya. Namun, banyak yang tidak mengetahui fakta unik Oreo yang minim diketahui penikmatnya. 

Serunya Lomba Kreasi Parcel Lebaran Berhadiah Jutaan Rupiah

Menurut Thought Co, pada tahun 1898, beberapa perusahaan kue bergabung untuk membentuk Perusahaan Biskuit Nasional, juga disebut Nabisco. Ini adalah awal dari perusahaan yang akan membuat kue Oreo. Selain sejarahnya, simak tujuh fakta unik oreo di bawah ini yang dilansir dari berbagai sumber. 

1. Asal Usul Nama Masih Menjadi Sebuah Misteri

Relawan Prabowo-Gibran Bagikan 2.500 Susu dan Biskuit di Jaksel

Oreo

Photo :
  • unsplash,com

Fakta unik Oreo yang pertama adalah tentang asal usul nama yang masih misteri. Tidak ada yang tahu mengapa kue yang terkenal itu diberi nama Oreo. Beberapa orang mengatakan itu karena mudah diingat, namun, yang lain memperdebatkan bahwa itu dinamai menurut asal kata "Oreo" dari kata Prancis untuk "emas" atau kata Yunani untuk "indah."

Persiapan Kiamat, Oreo Bangun Gudang Untuk Simpan Resep Rahasianya

2. Hari Oreo Nasional Jatuh Pada 6 Maret

Oreo

Photo :
  • unsplash,com

Selain naman, fakta unik Oreo yang selanjutnya tentang Hari Oreo Nasional. Hari Oreo Nasional pada tanggal 6 Maret menghormati ulang tahun kue favorit dunia (dan susu). Rayakan dengan mencelupkan kue favorit kamu ke dalam susu, atau menggunakannya untuk membuat Oreo Cheesecake Truffle, Selai Kacang dan Oreo S'mores atau bahkan Oreo Bar tanpa panggang. Berbagai macam cara dilakukan para penggemar Oreo untuk merayakan Hari Oreo Nasional pada 6 Maret. 

3. Ada Lagu yang Ditulis Tentang Oreo

Oreo

Photo :
  • unsplash,com

Fakta unik Oreo yang ketiga adalah pada tahun 1992, Weird Al Yankovic merilis albumnya "Off the Deep End," yang berisi sebuah lagu yang didedikasikan untuk Oreo.

Sebuah parodi dari lagu "The Right Stuff" oleh New Kids on the Block, "The White Stuff" merupakan penghargaan untuk kue dan bagian tengahnya yang lembut.

Di dalamnya, dia mengatakan bahwa "Twinkies and Ding Dongs" tidak akan berhasil, karena hanya kue Oreo yang dia butuhkan.

4. Dibutuhkan 59 menit Untuk Membuat Oreo.

Biskuit Oreo

Photo :
  • unsplash,com

Selain kamu sering menikmati enaknya kue manis ini, kamu harus mengetahui fakta unik Oreo tentang waktu yang dibutuhkan untuk membuat Oreo. Setiap wafer Oreo dipanggang tepat selama 290,6 detik pada suhu 400 °F dari atas dan 300 °F dari bawah.

5. Kamu Bisa Berjalan Menyusuri Oreo Way di New York City

Oreo

Photo :
  • flickr

Karena sangat melegendanya Oreo di New York City, sebuah jalan diberi nama “Oreo Way” termasuk dalam fakta unik Oreo. Oreo dimulai di markas Nabisco di New York City. Dan meskipun Google telah membeli gedung itu, Oreo pasti meninggalkan bekas di area tersebut.

Pada tahun 2002, seluruh bentangan Ninth Avenue di New York, di mana bangunan itu berdiri, dinamai "Oreo Way" untuk memperingati cookie dan dampaknya terhadap negara, menurut majalah Smithsonian.

6. Sejarah Oreo Mencakup Dua Saudara Laki-laki yang Bermusuhan dan Perusahaan Biskuit

Oreo

Photo :
  • flickr

Fakta unik Oreo termasuk juga sejarah munculnya Oreo. Saudara Jacob dan Joseph Loose memiliki gagasan yang berbeda tentang apa yang akan terjadi di masa depan untuk perusahaan mereka, American Biscuit and Manufacturing Company, menurut Serious Eats.

Jacob, yang pernah menjadi presiden perusahaan, keluar dari pekerjaannya karena sakit pada tahun 1897, dan Joseph menggunakan kesempatan itu untuk bergerak sendiri.

Dia bergabung dengan pesaing mereka, New York Biscuit Company dan United States Baking Company, untuk membentuk National Biscuit Company (Nabisco).

Jacob pulih dan memutuskan untuk membentuk perusahaannya sendiri dengan John Wiles yang disebut Perusahaan Biskuit Loose-Wiles, tetapi selalu gagal mencapai kesuksesan Nabisco.

7. Telah Melalui Banyak Perubahan Iklan

Iklan Oreo

Photo :
  • flickr

Fakta unik Oreo yang terakhir tentang slogannya dalam setiap iklan. Sebelum camilan itu dikenal sebagai "Kue Favorit Susu" pada 2004, Oreo mencoba beberapa slogan.

Pada tahun 1950, "Oh! Oh! Oreo" menjadi slogan dan jingle pertama mereka.

Tahun 1980-an terasa seperti masa keragu-raguan bagi perusahaan itu, dilihat dari mengubah slogan lima kali dalam rentang 10 tahun. Itu termasuk "For the Kid in All of Us," "Kue Paling Dicintai Amerika," "Satu-Satunya," "Who's the Kid with the Oreo Cookie?," dan "Oreo, Twister Asli."

Itulah tujuh fakta unik Oreo yang jarang tersorot. Di Indonesia sendiri biskuit Oreo banyak beredar, seperti di swalayan, minimarket, bahkan warung. Kemasan Oreo pun beragam, murah dari sachet hingga kemasan besar. Bahkan, saat ini Oreo yang juga mengeluarkan “Oreo Soft Cake” yang tak kalah banyak penggemarnya. Biskuit ini memang cocok dimakan diberbagai kesempatan.

Sebagian besar menyukai Oreo tanpa batasan usia, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua pun senang mengonsumsi Oreo. Tidak heran eksistensinya masih bertahan hingga saat ini. Sungguh makanan yang tidak habis dimakan oleh zaman. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya