Segarnya Kunyit Asam, Ini Resep Mocktail Tanpa Alkohol

Ilustrasi Mocktail
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Mocktail menjadi salah satu menu minuman yang menyegarkan dahaga namun kerap dicampur dengan alkohol. Nah, mocktail satu ini justru begitu khas rasa nusantara dan tanpa paduan alkohol sehingga aman diminum oleh siapa saja.

Jangan Sepelekan Manfaat Luar Biasa Jamu, Redakan Batuk Hingga Obati Hepatitis

Resep ini didemokan di Instagram Live Tupperware Indonesia. Bersama Mustika Ratu dan Tupperware Indonesia, menu ini dibuat oleh Professional Chef Steby Rafael didampingi Miss Universe 2021 Harnaaz Shandu dan Puteri Indonesia 2022 Laksmi De Neefa.

Untuk bahan utamanya adalah kunyit asam siap minum yang menyegarkan. Sangat khas dengan rasa nusantara, bukan? Ditambah paduan bubuk paprika serta jalapeno alias cabai gendot, membuat sensasi pedas yang berbeda.

Tren Kopi Berubah Setelah Pandemi, Ini yang Lagi Digemari

Untuk mengolahnya, pertama dekorasi gelas dengan cara sederhana namun memberi sentuhan yang unik. Lalu, celupkan bagian atas gelas ke tisu yang sudah dibasahi air matang lalu celupkan juga ke smoke paprika powder. 

Ilustrasi Mocktail

Photo :
  • Pixabay
Resep Coffee Mocktail Lagi Viral, Diprediksi Geser Tren Kopi Susu

"Jangan terlalu basah, hanya sampai bubuknya bisa menempel di gelas," ujar Chef Steby Rafael.

Kemudian, persiapkan jeruk nipis dan diiris tipis, sisihkan. Setelahnya, iris jalapeno atau cabai gendot dan buang bijinya agar tidak terlalu pedas. Potong bagi dua jalapeno untuk memberi sensasi pedas di minuman.

"Dua bahan ini akan dimasukan terakhir untuk memberi sparks," beber Chef Steby.

Bahan lain yang disiapkan adalah nanas beberapa buah. Masukan nanas ke chopper dan potong-potong hingga tipis. Kemudian, tuang nanas ke dalam gelas yang sudah didekorasi tadi dan tambah es batu hingga penuh.

"Tuang kunyit asam siap minum. Jadi nggak perlu lagi olah kunyit. Cukup pakai yang siap minum aja," bebernya.

Langkah terakhir, masukan soda secukupnya untuk menambah rasa segar. Lalu, masukan potongan jalapeno dan irisan jeruk nipis. Untuk mencicipi rasanya, aduk dengan rata lalu segera seruput selagi dingin. Apa kata Miss Universe dan Puteri Indonesia usai mencobanya?

"Ini mibuman yang sangat menyegarkan. Terima kasih banyak," kata Miss Universe, Harnaaz Shandu, seraya menikmati.

"Ini sangat enak," kata Puteri Indonesia, Laksmi, setuju.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya