Cocok di Idul Adha, Resep Daging Rendang Chef William Wongso

Rendang Padang
Sumber :
  • explorepartsunknown

VIVA Lifestyle – Idul Adha identik dengan daging qurban yang cocok dijadikan berbagai macam olahan lezat untuk sajian bersama keluarga. Salah satu yang cukup sering diolah sebagai menu keluarga ada resep daging rendang dengan bumbu yang khas.

Daftar Harga Pangan 15 Mei 2024: Beras, Cabai, hingga Daging Sapi Naik

Bumbu kari daging sapi yang kental ini dikenal di Tanah Air sebagai rendang padang. Tentunya, kelezatan bumbu rendang terdapat pada kekayaan rempah yang ada di dalam olahan tersebut. Tak hanya itu, cara memasak yang lama juga membuat daging rendang terasa begitu lezat.

Nah, para moms bisa membuat tiga masakan berbeda dengan resep yang satu ini dengan memvariasikan waktu memasaknya saja. Tahap pertama adalah kare (kari daging sapi).

Terkuak! SYL Kurban 12 Ekor Sapi, Pakai Duit Kementan Rp360 Juta

Lalu, jika dimasak sedikit lebih lama dan menjadi kalio (kari coklat). Setelah kekentalan kari mencukupi, Anda mendapatkan rendang yang lezat sesuai keinginan. 

Berikut resep rendang padang dikutip dari laman Explore Parts Unknow.

Olahraga Ini Ampuh Bakar Lemak Opor dan Rendang, Bye-bye Perut Buncit!

RENDANG PADANG

Porsi: 4

Bahan:

Untuk bumbu daging:

20–24 siung cengkeh, cincang kasar
4 siung bawang putih, cincang kasar
4 ons cabai merah besar, buang bijinya dan cincang kasar
2 sendok teh jahe, cincang kasar
6 sendok teh lengkuas, cincang kasar
4 sendok teh kemiri, ditumbuk

Untuk kari:

4 helai daun jeruk biasa
2 batang serai
3 sendok teh air asam jawa
750 mililiter santan
1 pon potongan daging sapi, potong dadu 2 inci
1 lembar daun kunyit atau 2 lembar daun salam

Persiapan:

Atur oven ke 250 F. Giling semua bahan bumbu dalam blender atau food processor sampai halus. Tambahkan daun jeruk, serai, dan pasta asam jawa. Tambahkan santan dan tumis sampai minyak dari santan mulai keluar dan warnanya berubah menjadi kecoklatan. Tambahkan daging sapi potong dadu.

Masukkan semua bahan ke dalam panci stok tanpa tutup di dalam oven. Masak perlahan daging sapi selama 1 hingga 2 jam atau sampai daging sapi empuk. Pindahkan daging sapi dan bumbu kelapa ke dalam wajan. Masak perlahan di atas api sedang sambil diaduk sampai daging berubah warna menjadi coklat tua dan menjadi karamel dan empuk.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya